Sepekan, Damkar Trenggalek Evakuasi Tiga Cobra dan Dua Sarang Tawon

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 18:40 WIB
Satpol PP Trenggalek amankan ular kobra (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - Selama sepekan, petugas Satpol PP Damkar Trenggalek melakukan evaluasi tiga ular kobra dan dua sarang tawon vespa di kawasan perumahan warga.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Trenggalek, Triadi Atmono mengatakan evakuasi terakhir dilakukan semalam di rumah warga Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari.

"Kalau yang tadi malam itu ularnya berada di dapur, tapi sudah bisa kami amankan," kata Triadi, Sabtu (21/12/2019).

Di Desa tersebut pihaknya sudah dua kali melakukan evakuasi ular kobra di dua tempat terpisah. Hasilnya terdapat tiga ular yang sudah berhasil dievakuasi. Rinciannya satu indukan dan dua masih anak-anak.


"Untuk yang anakan itu induknya justru belum kami dapatkan, masih dicari," jelasnya.

Sementara itu pada beberapa bulan sebelumnya Tim Damkar Trenggalek juga mengevakuasi tiga ular piton di tiga tempat berbeda di wilayah Kecamatan Trenggalek.

"Bulan-bulan ini memang musimnya ular bertelur, sehingga banyak ditemukan di kawasan perkamouy. Selain itu ekosistem alam juga banyak yang terganggu," ujar Triadi.

Selain ular, petugas damkar juga berhasil mengevakuasi dua sarang tawon vespa atau tawon ndas di berukuran besar. Sarang tawon tersebut berada di perumahan warga.

"Kami evakuasi di Perumahan Gebangan Desa Sumberingin dan di Desa Surodakan. Warga merasa khawatir sehingga dilaporkan ke kami," imbuhnya.



Tonton video Bikin Resah Warga, Tawon Vespa dan Sarangnya di Sukabumi Dievakuasi:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)