Satgas Antimafia Bola Pelototi Pertandingan Diduga Atur Skor Jelang Akhir Liga

Satgas Antimafia Bola Pelototi Pertandingan Diduga Atur Skor Jelang Akhir Liga

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 14:45 WIB
Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Satgas Antimafia Bola Jilid II Mabes Polri terus memelototi setiap pertandingan sepak bola. Terlebih lagi, liga musim 2019 yang akan segera berakhir.

Kepala Satgas Antimafia Bola Wilayah Jawa Timur Kombes Pitra Ratulangi mengatakan, dalam setiap pengawasan pertandingan sepak bola, pihaknya akan menurunkan sebuah tim surveilance. Tim tersebut akan bekerja memantau setiap pertandingan yang diduga atau rawan permainan pengaturan skor.

Adapun tim itu melibagkan Kasubdit Jatanras Polda Jatim Kompol Oki Ahadian Purwono sebagai Kasubsatgas Gakkum dan Kanit V Subdit III Jatanras Polda Jatim AKP M Aldy Sulaeman sebagai Kepala Tim (Katim) Lidik.

"Kami, Satgas Antimafia Bola akan terus awasi setiap pertandingan bola dengan menurunkan tim surveilance serta mengumpulkan semua informasi terkait pertandingan bola," kata Pitra kepada wartawan saat dikonfirmasi, Sabtu (21/12/2019).


Pitra menegaskan, pihaknya tidak akan segan menangkap siapapun yang berani mengatur skor pertandingan sepak bola. Untuk itu, ia mengimbau kepada para pemain, perangkat pertandingan hingga mafia bola agar tidak main-main mengatur skor.

"Jika masih ada yang coba bermain-main mengatur pertandingan, akan kami tangkap," tegas pria yang juga menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Jatim itu.

Dalam menjalankan tugasnya, Pitra dan timnya terbagi dalam beberapa bagian. Mulai dari penganalisa pertandingan melalui video hingga tim yang menggali informasi di lapangan. Jika nantinya ada sinyalir pengaturan skor, dalam mekanismenya pihaknya akan melakukan penyelidikan.

Penyelidikan akan dimulai dari perwakilan masing-masing suporter, untuk menyaring informasi terkait pertandingan yang dimaksud. Termasuk juga mengonfirmasi penyelenggara atau perangkat pertandingan yang bertugas saat pertandingan.



Tonton juga video Satgas Antimafia Bola Jilid II Siap Beraksi!:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)