Pameran Lukisan 'Menembus Mimpi' Cara Perupa Seni Bantu Duafa di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 12:16 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Momen Natal dan Tahun Baru 2020 dimanfaatkan 5 perupa di Banyuwangi menggelar pameran lukisan. Tak hanya itu, lukisan-lukisan hasil karya mereka tersebut bakal dijual dan dilelang dan hasilnya akan dibagikan untuk kaum duafa di Banyuwangi.

Lima perupa Banyuwangi tersebut adalah M.Arifin, Iwan Han, Haryanto, Wahyudi, dan Eko Totok Prasetya menggelar pameran lukisan di Wahoo Lounge, Ketapang Indah Hotel Banyuwangi, Sabtu (21/12/2019) hingga penutupan tahun Rabu, 18 Desember 2019 sampai Selasa (31/12/2019).

Terdapat dua belas lukisan beraliran ekpresionis hingga naturalis dipamerkan. Tema Menembus Mimpi menjadi pilihan para perupa, untuk misi berbagi kepada masyarakat Banyuwangi yang belum beruntung.

M. Arifin, salah satu perupa yang turut andil dalam pameran mengatakan, pameran lukisan bertema Menembus Mimpi merupakan sumbangsih para perupa Banyuwangi untuk masyarakat.

"Menembus mimpi adalah harapan-harapan dari para perupa Banyuwangi yang diejahwantakan dalam bentuk pameran lukisan sebagai salah satu cara untuk menggapai mimpi tersebut, salah satu dari mimpi tersebut adalah berbagi dan melakukan bakti sosial kepada sesama manusia," ujarnya kepada detikcom.


Sasaran dari pameran lukisan ini, kata M. Arifin, adalah para tamu hotel dan pecinta seni dapat menghadiri atau berkunjung melihat pameran seni rupa ini serta berminat untuk mengkoleksi seluruh karya lukisan yang ditampilkan. Sebagian dari hasil penjualan tersebut akan disumbangkan kepada kaum duafa sebagai bentuk kepedulian para perupa seni Banyuwangi kepada sesama.

"Kita harap apa yang kita lakukan adalah ibadah kita. Semoga bermanfaat," pungkasnya.

Pungky Kusuma selaku Resort Manager Ketapang Indah Hotel, Banyuwangi, mendukung penuh kegiatan sosial untuk masyarakat. Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Jadi Banyuwangi yang ke- 248 ini juga diselenggarakan sebagai bentuk apresiasinya kepada para seniman di Banyuwangi.

"Suatu kebanggaan bagi hotel kami dapat bekerja sama dengan para perupa hebat Banyuwangi khususnya untuk tujuan mulia seperti penggalangan dana dan membantu pihak-pihak yang membutuhkan," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda mengapresiasi kegiatan sosial 5 perupa Banyuwangi ini. Dengan hasil karyanya, mereka rela berbagi dengan masyarakat kurang mampu.

"Kita sangat mengapresiasi para perupa Banyuwangi yang berbagi dengan hasil karya mereka yang dijual dan dilelang. Kebanggaan kami yang saat ini merayakan Hari Jadi Ke 248 Banyuwangi," tambahnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa ditiru oleh seniman, perupa atau penggiat wisata yang ada di Banyuwangi. "Kami juga mengucapkan terima kasih kepada hotel Ketapang Indah yang memberikan tempat pameran yang representatif bagi para perupa Banyuwangi," pungkasnya. (fat/fat)