Jelang Nataru, Pelabuhan Ketapang Mulai Dipadati Penumpang Menuju Bali

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 08:50 WIB
Pelabuhan Ketapang (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Jelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020 Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, mulai dipadati kendaraan maupun penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Bali. Kepadatan didominasi mobil pribadi maupun truk logistik dan sembako yang memilih berangkat lebih awal ke Pulau Dewata.

Ini dilakukan untuk menghindari macet saat libur natal dan tahun baru 2020 nanti tiba. Sejak posko Natal dan Tahun Baru 2020 dibuka, ada sekitar 5 ribu kendaraan jenis mobil pribadi maupun truk, yang sudah diseberangkan ke Pulau Bali melalui Pelabuhan Ketapang, Sabtu (21/12/2019) dinihari.

Pantauan detikcom meski libur panjang Natal dan Tahun Baru belum tiba, akan tetapi suasana Pelabuhan Ketapang mulai dipadati kendaraan maupun penumpang.

Pelabuhan ketapang juga sudah mulai dipadati kendaraan jenis mobil pribadi dari berbagai daerah yang akan menuju bali untuk berlibur. Bahkan puluhan bis pariwisata juga sudah terlihat memadati areal parkir pelabuhan Ketapang.

Kepadatan kendaraan jenis mobil pribadi ini terpantau semakin banyak memasuki dini hari tadi hingga pagi ini. Mereka memilih berangkat malam hari menuju bali untuk menghindari cuaca panas di siang hari.


Dari data produksi libur Natal dan tahun baru ASDP Ketapang hingga kini sudah tercatat 5 ribu lebih kendaraan jenis mobil pribadibus maupun truk yang menyeberang ke Pulau Bali.

Sementara untuk kendaraan roda dua tercatat masih belum mengalami lonjakan yang signifikan. Data sejak 19 Desember lalu hingga kini jumlah roda dua yang menyeberang tercatat hanya mencapai 1.600-an kendaraan saja. Sementara untuk penumpang pejalan kaki hingga kini sudah tercatat sekitar 26 ribu orang yang telah diseberangkan menuju pulau bali.

"Saya sengaja liburan dulu ke Bali. Karena dikhawatirkan macet," ujar Nurkholis, penumpang kapal kepada detikcom.

Nurkholis mengaku bersama dengan rekan-rekan koperasi dari Malang, sengaja untuk berlibur ke Bali.

Sementara mengantisipasi lonjakan penumpang maupun kendaraan yang menuju Pulau Bali melalui Pelabuhan Ketapang, pihak ASDP Ketapang telah menyiagakan 56 kapal dengan rincian 32 kapal beroperasi di setiap harinya.

Sedangkan sisanya adalah kapal-kapal cadangan diprediksi puncak kepadatan kendaraan yang akan menuju Bali melalui Pelabuhan Ketapang akan dimulai sejak Sabtu malam nanti.



Tonton juga video H-4 Natal, Ini Penampakan Arus Lalu Lintas di Tol Cikampek:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)