Ribuan Miras untuk Perayaan Natal dan Tahun Baru Dimusnahkan

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 16:41 WIB
Foto: Erliana Riady
Blitar - Sebanyak 3.213 botol miras dimusnahkan di Mapolresta Blitar. Padahal, pemiliknya menyiapkan stok itu untuk persiapan pesta menjelang tahun baru. Ribuan botol miras ini disita dari beberapa tempat hiburan malam dan toko yang tak memegang izin edar.

Pemusnahan barang bukti miras hasil giat cipta kondisi jelang Nataru ini juga disaksikan Plt Wali Kota Blitar, Santoso dan forkopimda Kota Blitar. Sebuah alat berat menggilas habis botol-botol miras yang ditata rapi berjajar dengan alas terpal yang panjang dan lebar.

"Miras yang kami musnahkan disini, merupakan hasil operasi cipta kondisi selama satu bulan. Keterangan para pemiliknya, Ini rencananya jadi stok pesta miras jelang perayaan tahun baru nanti," kata Kapolresta Blitar, AKBP Leonard M Sinambela pada detikcom, Kamis (19/12/2019).

Untuk miras produksi pabrik, lanjutnya, kebanyakan diamankan dari beberapa tempat hiburan malam. Seperti karaoke dan penginapan. Selain itu juga disita dari beberapa toko yang tidak memegang surat usaha izin penjualan minuman beralkohol.


"Kalau yang arak jowo, itu kami amankan dari beberapa warung dan rumah penjualnya. Mereka mengaku dapat arak jowo ini dari wilayah Tuban dan Solo," ungkapnya.

Miras yang dimusnahkan hari ini, merupakan hasil pengumpulan barang bukti dari 9 polsek yang berada di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Namun untuk wilayah yang paling banyak menyita miras berasal dari Polsek Nglegok, Ponggok dan Sanankulon. Selain dari polsek-polsek, miras hasil sidak Satpol PP Kota Blitar juga diserahkan untuk dimusnahkan bersama-sama.

"Pada operasi Lilin tahun ini, kami akan perketat pengiriman miras ilegal di jalur lalu lintas antar kota. Supaya tidak ada lagi miras tak berizin yang masuk Kota Blitar. Pengaruh miras bisa membuat momen Nataru tidak kondusif nantinya," pungkasnya. (fat/fat)