Dua Ton Miras Senilai Rp 250 Juta Dimusnahkan Jelang Nataru

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 17:02 WIB
Pemusnahan barang bukti (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Pemberantasan miras di Banyuwangi terus dilakukan. Terbukti, 2 ton miras senilai sekitar Rp 250 juta dimusnahkan jelang Natal dan Tahun Baru 2020. Polresta Banyuwangi melakukan pemusnahan ribuan botol miras tersebut dilakukan dengan menggunakan Buldozer di Pelabuhan Ketapang.

Hadir dalam pemusnahan tersebut, Kapolresta Banyuwangi Arman Asmara Syarifuddin, Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, Ketua MUI Banyuwangi KH. Muhammad Yamin serta jajaran Forkopimda.

Wabup Yusuf Widyatmoko mengapresiasi kegiatan pemberantasan miras yang dilakukan polisi. Sebanyak 2 ton miras berbagai jenis ini membuktikan keseriusan aparat penegak hukum tak main-main melakukan pemberantasan minuman yang memasukkan tersebut.

Total miras yang berhasil diamankan dan dimusnahkan pada hari ini mencapai 2.472 liter atau 2,4 ton. Dengan rincian 736 liter arak, 420 liter tuak, 1.016 liter miras berbagai merk (Bir, Whisky, TM, Anggur, Newport) serta 10 jerigen miras tradisional dengan kapasitas 300 liter.

"Saya dapat mandat untuk memgumumkan jumlah nominal miras yang ada. Ini bukti keseriusan aparat penegak hukum memberantas miras di Banyuwangi," ujarnya kepada wartawan, Kamis (19/12/2019).


Dia berharap dengan adanya pemusnahan ribuan botol miras ini dapat mencegah peredaran minuman beralkohol ilegal di Bumi Blambangan.

"Sehingga tercipta kondisi kamtibmas yang aman, terkendali, dan tentram. Khususnya selama liburan Nataru," pungkas Wabup.

Sementara Kapolresta Banyuwangi mengaku ribuan barang haram tersebut merupakan hasil sitaan selama Operasi Aman Semeru 2019. Pemusnahan ribuan botol miras ini dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Jadi sebelum perayaan Nataru ini, kita sudah melakukan Operasi Aman Semeru selama 7 hari dalam rangka cipta kondisi di masyarakat. Dalam operasi tersebut, kita berhasil mengamankan ribuan botol miras," kata kapolresta.

Selanjutnya, selama perayaan Nataru ini polresta akan meningkatkan patroli dan pengamanan dalam rangka menciptakan kamtibmas. Sebab, moment Tahun Baru kerap disalahgunakan untuk pesta miras dan narkoba.

"Ada 12 potensi ancaman selama Nataru. Salah satunya ialah ancaman pesta miras dan narkoba. Untuk itu kita sudah lakukan antisipasi," imbuhnya.


Tonton juga Catat! Ini Waktu dan Lokasi Larangan Truk Beroperasi Saat Nataru :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)