PW Muhammadiyah Jatim Harap Pelaksanaan Natal dan Tahun Baru Aman

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 13:59 WIB
Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim Nadjib Hamid (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - PW Muhammadiyah Jawa Timur berharap pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Jatim berlangsung aman dan damai. Pihaknya pun akan ikut membantu menjaga keamanan.

Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim Nadjib Hamid mengatakan pihaknya selama ini melihat aparat kepolisian dan TNI juga telah bersinergi dengan masyarakat.

"Ini merupakan kesiapan aparat keamanan menghadapi Natal dan Tahun Baru yang melibatkan masyarakat dan menandakan semakin solid. Karena melihat luasnya wilayah, tanpa keterlibatan masyarakat tentu akan sulit dan ini menunjukkan bahwa masyarakat dan aparat bersinergi," kata Nadjib di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (19/12/2019).

Tak hanya itu, Nadjib mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan polisi dan TNI. Koordinasi ini untuk meningkatkan keamanan di Jatim dan melibatkan sejumlah unsur dari Muhammadiyah untuk ikut mengamankan.


"Saya kira kemarin lusa sudah diundang koordinasi, Insyaallah dari masyarakat sudah akan dilibatkan tapi secara detail saya tidak paham berapa pasukan yang diperlukan tapi kami menyiapkan itu. Ada Kokang, Tapak suci, di tengah masyarakat melakukan pengamanan," imbuhnya.

"Saya kira hasil rilis dari penelitian salah satu lembaga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Saya kira ini bagus artinya kesadaran bahwa masyarakat harus dilibatkan dalam rangka menjaga keamanan dan kerukunan sangat positif saya kira sudah dilakukan oleh Polda Jatim maka itu kami apresiasi," lanjutnya.

Nadjib pun berharap perayaan Natal berlangsung dalai dan tidak ada hal-hal yang mengganggu.

"Saya kira positif sekali mudah-mudahan tidak ada lagi hal-hal yang mengganggu keamanan dan Kedamaian mudah-mudahan ini adalah langkah yang diberkahi oleh Tuhan," harapnya. (hil/fat)