Pemkot Surabaya Ajak Warga Antisipasi Dampak Anomali Cuaca

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 14:09 WIB
Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Pemkot Surabaya mengimbau masyarakat mengantisipasi dampak anomali cuaca. Sebab, anomali cuaca membuat beberapa wilayah di Jawa Timur mengalami hujan lebat disertai angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan tahun ini anomali cuaca terbilang luar biasa. Salah satunya yakni mempengaruhi perubahan iklim di Indonesia, khususnya Kota Surabaya.

"Hasil koordinasi kami dengan BMKG, belum bisa dipastikan Surabaya kapan turunnya hujan yang pasti," kata Eddy, Selesa (17/12/2019).


Meski demikian, pihaknya mengimbau masyarakat lebih mewaspadai bahaya angin kencang. Sebab, saat ini angin kencang sudah muncul di beberapa wilayah Jawa Timur, seperti Madiun, Bojonegoro, dan Bangkalan.

"Kalau kita lihat di data cuaca, awan itu bergerak luar biasa dari selatan ke utara, namun saat ini Surabaya terlewati terus," ujar Eddy

Di samping itu, kata Eddy, ada beberapa pesan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada masyarakat dalam persiapan memasuki musim hujan tersebut. Pertama, masyarakat diimbau rutin mengecek instalasi atau peralatan listrik yang ada di rumah. Menurutnya, tahun lalu, walaupun memasuki musim hujan, kebakaran sering kali terjadi.

Simak Video "MLTR Kagum dengan Cuaca di Indonesia"


Selanjutnya
Halaman
1 2 3