Kereta Hantam Mobil Setelah Pengemudi 2 Langkah Selamatkan Diri

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 23:38 WIB
Sargono (47)/Foto: Enggran Eko Budianto
Sargono (47)/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Satu keluarga asal Surabaya selamat saat mobil yang mereka tumpangi hancur tertabrak KA Wijaya Kusuma di Mojokerto. Aksi penyelamatan berlangsung menegangkan.

Mobil Suzuki Ertiga nopol L 1540 YQ itu ditumpangi satu keluarga asal Lingkungan Wonokitri 7, Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Dukuhpakis, Surabaya. Mereka merupakan pasangan Sargono (47) dan Ernawati (43), serta kedua anak mereka Lubab Aisyar (14) dan Sabilul Rusdi (11).

Sargono mengatakan, saat kejadian dia dalam perjalanan pulang setelah berkunjung dari rumah kiai pengasuh pondok pesantren di Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Usai menunaikan salat isya sekitar pukul 19.00 WIB, dia bersama istri dan kedua putranya meninggalkan pondok tersebut.


Sampai di perlintasan KA tanpa palang pintu Dusun Karangnongko, Desa Mojoranu, petaka terjadi. Mobil yang dia kemudikan terhenti di tengah-tengah perlintasan. Karena untuk melewati perlintasan ini dari arah utara ke selatan, dia harus melalui jalan yang menikung ke kanan dan menanjak.

"Saat menanjak kondisi perseneling gigi dua, tapi belok saya kurang ke kanan sehingga roda depan sebelah kiri terperosok di kerikil sebelah selatan rel. Saya mundurkan tidak bisa karena roda tersangkut rel, sedangkan maju menabrak besi pembatas perlintasan," kata Sargono kepada wartawan di kediaman kiai pengasuh pesantren Desa Mojoranu, Minggu (15/12/2019).

Bapak dua anak ini baru sadar datangnya KA saat menoleh ke kiri. Menurut dia, saat itu KA Wijaya Kusuma jurusan Banyuwangi-Cilacap yang melaju kencang dari timur ke barat, atau dari arah Surabaya ke Jombang sudah sangat dekat.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3