Kini Warga Tulungagung Bisa Latihan Ujian Teori Bikin SIM Lewat Gim

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 14:16 WIB
Peluncuran SIM Astuti/Foto: Istimewa
Tulungagung - Polisi Tulungagung meluncurkan aplikasi berbasis Android, SIM Astuti. Aplikasi itu sebagai media belajar ujian teori bagi para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, inovasi berbasis teknologi ini untuk mempermudah masyarakat dalam belajar berbagai aturan lalu lintas. Yakni melalui gim sederhana yang sekaligus menjadi simulator ujian teori SIM.

"Di aplikasi SIM Astuti ini ada praujian teori, berisi banyak bank soal terkait ujian teori, yang sebagian keluar pada saat ujian. Sehingga bagi yang sebelumnya pernah gagal ujian atau masih mau mengurus SIM silakan belajar di situ," kata Pandia, Minggu (15/12/2019).


Ia menjelaskan, aplikasi tersebut akan dikembangkan untuk berbagai kepentingan pengurusan SIM bagi masyarakat. Salah satunya melakukan interkoneksi antara aplikasi dengan ujian teori yang sesungguhnya.

"Nanti misalkan ada kelompok masyarakat yang ingin mengurus SIM secara bersama, namun tidak sempat ke kantor SIM karena kesibukan, akan kami datangi dan bisa melakukan ujian teori di lokasi tersebut," imbuhnya.

Pada saat ujian sesungguhnya dilaksanakan, maka aplikasi Android tersebut akan dihubungkan dengan materi ujian teori yang asli. Selanjutnya hasil ujian akan keluar dalam bentuk kode batang atau barcode.
Selanjutnya
Halaman
1 2