Puluhan Truk di Situbondo Ditilang Karena Kelebihan Muatan

Ghazali Dasuqi - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 11:17 WIB
Saat polisi menindak truk-truk yang kelebihan muatan/Foto: Ghazali Dasuqi
Saat polisi menindak truk-truk yang kelebihan muatan/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Polisi Situbondo tengah gencar melakukan penindakan pelanggaran kendaraan angkutan barang. Dalam empat hari terakhir, 28 truk ditilang karena kelebihan muatan.

Selain untuk menekan angka kecelakaan, razia kendaraan Over Dimension and Over Load (ODOL) ini juga dimaksudkan membantu pemeliharaan jalan raya. Sebab, kendaraan barang yang melebihi batas tonase dianggap menjadi salah satu pemicu sering rusaknya jalan raya.


"Menjelang Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini kami sengaja menggiatkan operasi kendaraan angkutan barang. Sasarannya kendaraan yang melakukan pelanggaran ODOL. Dalam empat hari ini ada 28 truk yang ditilang," kata Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Hendrix Kusuma Wardhana kepada detikcom, Minggu (15/12/2019).

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, selama ini banyak kendaraan angkutan barang yang dicurigai melebihi batas tonase. Truk-truk bermuatan berat itu melewati jalan raya Pantura Situbondo, sebagai jalur utama Surabaya-Bali. Akibatnya, banyak kendaraan tak kuat melaju di jalanan menanjak, hingga sering memicu kemacetan di jalan raya.
Selanjutnya
Halaman
1 2