Emil Dardak Sebut Pentingnya Big Data di Pemerintahan Era Digital

Yakub Mulyono - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 10:58 WIB
Wagub Jatim Emil Dardak/Foto: Yakub Mulyono
Wagub Jatim Emil Dardak/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut pentingnya Big Data dalam sebuah pemerintahan di era digital. Big Data dibutuhkan untuk mengetahui suatu fakta secara komprehensif.

"Bahkan Pemprov Jawa Timur kita sudah mulai mengenalkan Big Data. Tahun ini kita mulai kenalkan," kata Emil usai menghadiri Unej IT Expose 2020, Minggu (15/12/2019).

Menurut Emil, beberapa fungsi Big Data sudah mulai bisa diterapkan di Jawa Timur. Salah satunya melakukan krostabulasi.


"Kita sudah bisa melakukan krostabulasi antara data pendidikan, kesehatan dan sosial. Sehingga pendekatannya bisa lebih komprehensif," terang Emil.

"Sehingga ketika ada data keluarga kurang mampu, kita akan tahu kondisi pendidikannya bagaimana dan kondisi kesehatannya bagaimana. Karena mereka sudah terintegrasi dalam satu Big Data," sambung Emil.


Emil menambahkan, di era industri 4.0, daya saing juga ditentukan oleh kemampuan dalam memanfaatkan data. Pemahaman akan data membuat keputusan yang diambil akan tepat.

"Kalau kita paham data, kita akan tahu bagaimana pemasaran yang lebih tepat, desain produk yang lebih tepat dan sebagainya," pungkas Emil.


Tonton juga BI Dorong Holding Pesantren, Berpeluang Jadi Bisnis di Era Digital :

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)