Pak Bupati, Bayi Tanpa Anus di Madiun Ini Tak Punya Biaya untuk Operasi

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 16:51 WIB
Bayi lahir tanpa anus di Madiun (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun - Mesi Farel Bramasta (5 bulan) sejak lahir tidak memiliki anus. Bahkan perut putra pasangan Saiful Arif (31) dan Indria Fitri (35) sempat membesar, wajahnya pucat dan lemas, matanya berubah biru, hingga kulitnya mulai menguning.

Kondisi itu diketahui 3 hari setelah bayi lahir, tepatnya 30 Juni 2019. Saat itu ibunya melahirkan di Mimika, Papua, mengikuti suaminya yang bekerja sebagai kuli bangunan. Saat dibawa ke RSUD Mimika itulah, orangtua Mesi baru menyadari jika anaknya tidak memiliki anus.


"Kasihan saya melihatnya. Saat berusia tiga hari, ada perubahan drastis di tubuh anak saya ini. Mulai wajahnya pucat dan lemas, perut bayi juga membesar, matanya berubah biru, hingga kulitnya mulai menguning. Atas kejanggalan itu kemudian saya membawa Mesi ke RSUD Mimika," kata Ibu Mesi, Fitri saat ditemui di Desa Kwangsen, RT 010/RW 004 Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

"Sampai sekarang, bayi saya usia 5 bulan dengan kondisi tidak memiliki lubang anus. Dokter di Mimika melakukan operasi membuat lubang buatan untuk fungsi buang air," jelas Fitri.