Tim Penyelamat Hiu Paus di PLTU Paiton dapat Penghargaan Kementerian LH

M Rofiq - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 08:15 WIB
Pemberian piagam penghargaan oleh KLHK/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK RI menyerahkan piagam penghargaan kepada tim terpadu Whale Shark Rescue Paiton. Penghargaan itu atas penyelamatan hiu paus yang terjebak di kanal Paiton pada Kamis (19/9).

KLHK mengapresiasi tim terpadu saat mengevakuasi mamalia laut bernama latin Rhicondon typus itu, yang dinilai sangat bagus tanpa melukai Whale Shark. Kemudian tidak mengganggu produksi listrik PLTU Paiton yang mengaliri listrik Jawa-Bali.

Pemberian piagam penghargaan oleh Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dihadiri Muspida, Kapolres Kota/Kabupaten Probolinggo, perwakilan dari Kodam dan Korem. Kemudian ada dari KLHK, BPSPL Denpasar, Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Probolinggo.


Pihak PLN berterima kasih karena hiu paus dikeluarkan dari intake kanal PLTU Paiton dengan selamat. Sekretaris Dirjen KSDAE, Ir Heri Subagiadi mengatakan, penyelamatan hiu paus dengan sistem yang diterapkan tim terpadu saat evakuasi whale shark yang terjebak di intake kanal PLTU Paiton sangat baik.

"Saya bangga dengan tim terpadu penyelamatan whale shark yang terjebak di intake kanal PLTU Paiton, dengan sistem penyelamatan dengan metode yang pertama di Indonesia, dan bisa menyelamatkan whale shark dengan baik," kata Heri, Kamis (12/12) malam.

Sementara Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo mengaku tidak menyangka, tugas penyelamatan hiu paus malah mendapatkan piagam penghargaan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem. Menurutnya semua tim terpadu bangga, kerja kerasnya mendapatkan apresiasi dari KLHK.

"Tidak menyangka mendapatkan piagam penghargaan, tugas dan pengabdian bersama tim terpadu penyelamatan whale shark terjebak di intake kanal PLTU Paiton dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem" ujar Imam.

Kemudian GM PJB PJB Paiton, Mustafa Abdillah mengatakan, dengan terulangnya whale shark masuk intake kanal PLTU Paiton, pihaknya tengah melakukan pembenahan dan pemasangan alat, agar hiu paus tak masuk kembali ke area produksi pendingin mesin.


Mustafa mengucapkan terima kasih atas kerja keras tim terpadu dalam penyelamatan whale shark. "Dengan kejadian masuknya hiu tutul ke intake kanal PLTU Paiton, kami pihak PJB Paiton akan melakukan pembenahan sistem dan pengamanan. Dengan memasang alat, agar hiu tutul tidak masuk kembali. Kami ucapkan terima kasih ke tim terpadu dalam melaksanakan tugasnya," jelasnya.

Sekedar informasi, piagam penghargaan diberikan Direktur Jendral KSDAE kepada Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo, BPSLP Denpasar Sukowardono, DKP Jawa Timur Mohammad Suhaidi dan Dewi Nur Setyorini. Kemudian kepada Dedy Isfandi (Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Probolinggo), Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal (LANAL Banyuwangi), AKBP Eddwi Kurniyanto (Kapolres Probolinggo), AKP Riduwan (Kapolsek Paiton), AKP Slamet Prayitno (Kasatpol Air), Capt Subuh Fakkurohman Syahbandar dan Abdul Hasan (Pokwakwas). (sun/bdh)