Kakorlantas Apresiasi Sistem Penanganan Laka Lantas RSUD dr Iskak

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 21:18 WIB
Sistem Publik Service Center (PSC) yang diterapkan RSUD dr Iskak/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengapresiasi sistem Publik Service Center (PSC) yang diterapkan RSUD dr Iskak dan Polres Tulungagung. Sistem tersebut untuk merespons dan menangani kecelakaan lalu lintas.

"Ini adalah upaya keras dari Rumah Sakit dr Iskak menggandeng instansi terkait termasuk Polres Tulungagung. Yaitu memangkas birokrasi pelayanan publik dalam penanganan korban laka, sekaligus klaim asuransi," kata Irjen Pol Istiono disela-sela pantauan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, sinergitas antara instansi yang dibangun menggunakan piranti teknologi digital tersebut dinilai dapat dikembangkan di rumah sakit maupun polres lain. Dengan respons cepat dan tepat terhadap korban kecelakaan dinilai mampu mengurangi risiko korban jiwa.

"Ini saya harap menjadi model buat seluruh Indonesia, Jawa Timur itu pelopornya, yang sudah terstandarisasi kayak gini. Karena ini sudah mendapat penghargaan di tingkat dunia," ujarnya.


Sementara Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung Supriyanto menjelaskan, sistem PSC 119 atau Tulungagung Emergency Medical Service (TEMS) disinergikan dengan berbagai instansi. Mulai kepolisian, Satpol PP, Damkar dan instansi kedaruratan lain.

Khusus dalam penanganan kecelakaan laku lintas pihaknya memiliki sistem yang sangat cepat. Masyarakat yang memberikan informasi melalui sambungan telepon atau aplikasi panic button akan direspons oleh command center yang ada di rumah sakit.

"Selanjutnya kami akan berbagi titik koordinat dengan kepolisian dan langsung menerjunkan medis ke lokasi, demikian juga polisi. Kami menangani korban sedangkan polisi yang lainnya," ujar Supri.
Selanjutnya
Halaman
1 2