Pelayanan Publik Antar Polres Jombang Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 18:38 WIB
Foto: Istimewa
Jombang - Sejumlah inovasi pelayanan publik yang dibuat Polres Jombang akhirnya membuahkan hasil. Selain memudahkan masyarakat, berbagai terobosan itu membuat Polres Jombang mendapatkan penghargaan sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan mengatakan, penghargaan itu diterima langsung dari Wapres Ma'ruf Amin dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Hotel Bidakara, Jakarta siang tadi.

"Alhamdulillah Polres Jombang mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi," kata Boby kepada detikcom, Selasa (10/12/2019).

Mantan Kapolres Bangkalan ini menjelaskan, predikat WBK diraih Polres Jombang karena sejumlah inovasi pelayanan publik yang telah diterapkan. Mulai dari Samsat keliling ke desa-desa dan pelayanan perpanjangan SIM sistem Drive Thru di Satpas Satlantas, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), perkembangan kasus yang bisa dipantau secara online di Satreskrim, hingga pembuatan SKCK di Satintelkam.


"Juga karena pelayanan SDM kami yang sopan, ramah, serta memberikan informasi yang tepat dan jelas kepada masyarakat," terangnya.

Predikat WBK, tambah Boby, tak akan membuatnya berpuas diri. Ke depan pihaknya akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk meraih predikat lebih tinggi dari Kemenpan RB.

"Polres Jombang akan terus berjuang untuk meningkat ke predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)," tandasnya. (fat/fat)