Api yang Bakar Gudang Farmasi RSUD Ploso Diduga Korsleting Listrik AC

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 09 Des 2019 18:25 WIB
Gudang farmasi RSUD Ploso ludes terbakar (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Gudang farmasi RSUD Ploso ludes terbakar (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang - Kebakaran meludeskan gudang farmasi dan stok obat-obatan milik RSUD Ploso, Jombang. Kebakaran ini diduga dipicu oleh korsleting listrik pada pendingin ruangan (AC).

Kapolsek Ploso Kompol Sutikno mengatakan penyelidikan kebakaran ini akan ditangani Polres Jombang. Namun, berdasarkan keterangan dari pegawai rumah sakit, api berasal dari korsleting listrik di dalam gudang farmasi.

"Dugaan awal penyebabnya korsleting AC. Itu yang menyampaikan pihak rumah sakit sendiri," kata Kapolsek saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (9/12/2019).


Apa yang disampaikan Kapolsek sama dengan keterangan saksi mata Ahmad Santoso, sopir ambulans RSUD Ploso. Menurut dia, api pertama kali muncul di dalam gudang farmasi.

"Ternyata sumbernya dari lubang AC di dalam gudang," terangnya.

Sementara itu, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Jombang Gunadi menuturkan korsleting pada instalasi listrik untuk AC mungkin terjadi karena pengaruh cuaca panas.


"Dugaan sementara dari korsleting AC. Cuaca sangat panas, pemakaian sangat panas, sehingga menimbulkan korsleting listrik," tandasnya.

Kebakaran gudang farmasi RSUD Ploso terjadi sekitar pukul 12.15 WIB. Api menghanguskan bangunan seluas 12x8 meter persegi dan sebuah mobil ambulans.


Selain itu, stok obat-obatan di dalam gudang ludes terbakar. Pihak rumah sakit pelat merah ini memastikan stok obat untuk pasien masih ada. Karena RSUD Ploso masih mempunyai satu lagi gudang farmasi di belakang apotek rumah sakit.






Tonton juga video Kebakaran Landa Gudang Kasur Pasuruan, Asap Pekat Membubung Tinggi:

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)