Viral Warga Surabaya Melahirkan di Kapal Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 09 Des 2019 17:39 WIB
Viral wanita melahirkan di kapal (Foto: dok. Istimewa)
Banyuwangi - Video viral orang melahirkan di dalam kapal beredar di media sosial (medsos). Terlihat seorang perempuan tertidur di dek bawah kapal. Diduga peristiwa ini terjadi di penyeberangan Selat Bali.

Dalam video viral tersebut, beberapa orang menutupi bagian bawah perempuan yang tertidur di lantai dek kapal. Satu perempuan mencoba menenangkan wanita yang melahirkan dan membalut sang bayi yang baru lahir dengan kain.

Video berdurasi 30 detik itu dibagikan beberapa kali dan dikomentari netizen.

"Alhamdulillah telah lahir dengan selamat KMP JAMBU 10 LCM SEMOGA KELAK BESARMU JADI PELAUT YG TANGGUH DAN BERBAKTI BUAT KEDUA ORANG TUAMU," tulis Pakde Gintol, dalam unggahan di Facebook, Senin (9/12/2019).

Apakah benar kejadian itu di Selat Bali?


Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk AKP I Gusti Nyoman Sudarsana membenarkan kejadian pada pukul 07.35 Wita, Senin (9/12/2019), tersebut.

Video viral orang melahirkan/Video viral orang melahirkan di kapal (Foto: dok. Istimewa)

Penumpang KMP Jambo VI dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Ketapang Banyuwangi, Suryaningsih (38), asal Surabaya melahirkan di atas kapal.

"Lahir normal di atas kapal. Nakhoda kemudian kembali lagi ke Dermaga LCM Gilimanuk," ujarnya kepada detikcom.

Sudarsana menerangkan KMP Jambo VI berangkat sekitar pukul 07.30 wita. KMP Jambo VI menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Saat kapal baru berangkat 5 menit, ada informasi orang melahirkan.

"Salah satu ABK namanya Lasmono langsung menginformasikan kepada nakhoda Budiyanto untuk kembali ke Dermaga LCM Gilimanuk. Pada pukul 07.45 Wita, pasien tiba di Puskesmas II Melaya atau Puskesmas Gilimanuk dengan diantar menggunakan ambulans ASDP Gilimanuk," tambahnya.


Menurut dokter yang menangani warga Surabaya itu, dr Ni Luh Leli Mas Ayutini, bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki dengan berat 3 kg dan panjang 50 cm.

"Ibu dan bayi dalam kondisi selamat," tutupnya.




Simak juga video Akses Jalan Rusak, Wanita Ini Ditandu Sarung ke Puskesmas usai Melahirkan:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)