Teror Anjing Liar Resahkan Warga Probolinggo, Banyak Kambing Ternak Mati

M Rofiq - detikNews
Senin, 09 Des 2019 14:58 WIB
Anjing liar menyerang ternak warga di kandang (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Teror anjing liar meresahkan warga Kabupaten Probolinggo. Sejumlah kambing ternak warga mati usai diserang kawanan anjing yang tidak diketahui asalnya tersebut.

Teror anjing liar ini terjadi di Desa Bucor, Kecamatan Pakuniran. Sejumlah kambing ternak warga di desa setempat ditemukan mati dalam kondisi mengenaskan.

Rata-rata kambing yang mati ditemukan mati dengan luka parah menganga di bagian perut, leher, dan kaki. Kondisi luka sendiri seperti bekas gigitan hewan bertaring. Lebarnya luka di bagian perut kambing membuat organ dalam terburai.


Perangkat desa setempat, Ahmad Zaini, mengatakan serangan anjing liar terjadi pada Minggu (8/12) dan Senin dini hari. Anjing liar menyerang kambing ternak milik Prawi, warga setempat.

Zaini mengatakan saat anjing liar menyerang, terdengar suara gaduh dari dalam kandang kambing. Setelah dicek warga, nampak kawanan anjing liar tengah menerkam kambing dalam kandang.

"Mendapati itu, warga langsung mengejar anjing-anjing liar tersebut. Namun tak ada yang berhasil ditangkap, karena lari ke pegunungan," ujar Zaini kepada detikcom, Senin (9/12/2019).


Kapolsek Pakuniran Iptu Habi Sutoko mengatakan anjing liar yang menyerang kambing milik warga berasal dari Pegunungan Argopuro. Binatang mamalia inisengaja turun ke permukiman warga untuk mencari makan.

Segerombolan anjing liar ini turun gunung karena tidak adanya ketersediaan makanan di hutan, dampak terjadinya kemarau panjang.

"Saya imbau para warga yang punya ternak kambing, agar sering mengawasi ternaknya karena dikhawatirkan serangan anjing liar bisa terjadi kembali," kata Habi. (iwd/iwd)