Anggota Bawaslu Ngawi Dipecat karena Lakukan Pelecehan Seksual

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 13:17 WIB
Kantor Bawaslu Ngawi (Sugeng Harianto/detikcom)
Kantor Bawaslu Ngawi (Sugeng Harianto/detikcom)
Ngawi - Seorang komisioner Bawaslu Ngawi diberhentikan dari jabatannya. Budi Sunariyanto dipecat lantaran terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap salah satu staf Bawaslu.

Sanksi berat itu dijatuhkan setelah sidang pembacaan putusan perkara Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) di ruang sidang DKPP, Jakarta. Budi merupakan teradu dalam perkara Nomor 257-PKE-DKPP/VIII/2019.

"Memang betul ada anggota komisioner kami yang diberhentikan karena tindakan asusila," terang Ketua Bawaslu Ngawi Abjudin Widiyas Nursanto kepada wartawan di kantornya, Jumat (6/12/2919).


Budi dipecat, kata Abjudin, berdasarkan putusan sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Rabu (4/12). Dalam sidang tersebut, DKPP berpendapat tindakan yang dilakukan Budi merupakan tindakan yang menggunakan relasi kuasa yang bertentangan dengan etika.

"Yang jelas terkait melanggar kode etik dalam profesionalisme pekerjaan, sehingga korban yang mengaku risi melaporkan ke kami. Untuk identitas korban mohon jangan disebut," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2