Soal Ujian tentang Khilafah di Kediri Langsung Cetak Tanpa Pemeriksaan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 15:44 WIB
Kanwil Kemenag Jatim (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - Soal ujian berisi konten khilafah ditemukan di beberapa madrasah aliyah negeri (MAN) di Kediri. Tak ada telaah dan pengawasan sehingga soal itu lolos dan diujikan ke siswa.

Kabid Pendidikan dan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim Akhmad Sruji Bahtiar memaparkan kronologi kasus tersebut berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan pihaknya. "Kronologi akan kami sampaikan bahwa pembuatan soal ini berdasarkan kesepakatan 10 kepala madrasah yang ada di wilker Kediri Utara. Kepala madrasah kemudian memerintahkan waka kurikulum untuk menunjuk siapa yang pantas, siapa yang layak, yang punya kompetensi untuk penyusunan soal," kata Akhmad di Kanwil Kemenag Jatim, Kamis (5/12/2019).


"Kemudian nama (pembuat soal) itu diberikan kepada kepala madrasah dan kepala madrasah menugaskan untuk membuat soal. Ada kesepakatan yang tidak tertulis dalam konvensi. Ada yang akan menelaah bahwa siapa yang ditunjuk menjadi sekretariat itu adalah yang berkewajiban melakukan telaah terhadap soal yang dibuat oleh pembuat soal," imbuhnya.

Namun empat orang yang ditunjuk melakukan telaah tidak melakukan tugas mereka sehingga soal tersebut langsung naik cetak tanpa diperiksa lebih lanjut.

"Tetapi, pada kenyataannya, ternyata empat yang ditunjuk sebagai sekretariat ujian tidak melakukan telaah terkait dengan soal-soal sehingga soal ini langsung naik cetak, kemudian langsung diujikan. Artinya bahwa proses-proses untuk pematangan daripada soal ini tidak dilakukan," imbuh Akhmad.