Kemenag Jatim Akan Tarik Semua Soal Ujian Tentang Khilafah di Kediri

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 12:48 WIB
Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim Moch Amin Machfud (berkopiah)/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Ada soal ujian tentang khilafah di beberapa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kediri. Kanwil Kemenag Jawa Timur menegaskan akan menarik semua soal tersebut.

Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim Moch Amin Machfud mengatakan, pihaknya juga akan menggelar ujian ulang. Sebelumnya Amin memaparkan, ujian mata pelajaran fiqih digelar Rabu (4/12) di beberapa MAN di Kediri. Di mana dalam ujian tersebut terdapat soal-soal tentang khilafah.

"Kami akan menarik seluruh soal yang diujikan, seluruh soal fiqih yang diujikan kemarin dan akan kita adakan ujian ulang dengan soal yang berbeda," kata Amin saat ditemui di Kantor Kanwil Kemenag Jatim, Kamis (5/12/2019).


Amin pun meminta kepala madrasah untuk lebih berhati-hati dan mengecek soal apapun yang hendak diberikan kepada siswa.

"Kami juga sudah meminta kepada para kepala madrasah supaya lebih berhati-hati terkait dengan pembuatan soal yang menyangkut khilafah. Saya sudah sering mengatakan kepada teman-teman pegawai, guru dan lain sebagainya bahwa kita itu harus sudah selesai dengan faham keagamaan kita. Artinya tidak boleh yang radikal, tidak boleh ekstrem," tegas Amin.




Simak video Soal SKT FPI, Mendagri Tito Soroti AD/ART dan Khilafah Islamiyah: