Polres Tulungagung Layani Pemohon SIM Disabilitas Melalui Fast Track

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 10:27 WIB
Pemberian SIM D untuk penyandang disabilitas (Adhar Muttaqin/detikcom)
Pemberian SIM D untuk penyandang disabilitas (Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung - Sejumlah penyandang disabilitas di Tulungagung mendapatkan hadiah berupa SIM D gratis dari kepolisian setempat. Proses pelayanan SIM kaum difabel memanfaatkan fasilitas Fast Track.

Kasat Lantas Polres Tulungagung Aristianto Budi Sutrisno mengatakan pemberian SIM khusus tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi dalam menyambut Hari Disabilitas Internasional 2019.

"Ini merupakan apresiasi kepada para difabel. Kami ingin para difabel ini mendapatkan hak yang sama dalam pelayanan publik," kata Aris, Rabu (4/12).


Menurutnya, untuk mendapatkan SIM D tersebut, para pemohon SIM diwajibkan melakukan registrasi di loket Satpas SIM. Selanjutnya mereka juga mengikuti prosedur ujian teori dan praktik. Hanya, dalam proses permohonan SIM tersebut, antrean para difabel tidak terlalu panjang, karena memanfaatkan jalur cepat khusus bagi disabilitas, lansia, dan ibu hamil.

"Kami ingin difabel itu juga menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan tertib aturan, salah satunya dengan memiliki SIM D seperti ini," jelasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2