detikNews
Rabu 04 Desember 2019, 21:39 WIB

Kecamatan Genteng Banyuwangi Jadi Kandidat Kecamatan Terbaik se-Jatim

Ardian Fanani - detikNews
Kecamatan Genteng Banyuwangi Jadi Kandidat Kecamatan Terbaik se-Jatim Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Kecamatan Genteng, Banyuwangi, menjadi salah satu kandidat kecamatan berkinerja terbaik se-Jawa Timur. Kecamatan di wilayah barat Bumi Blambangan ini, lolos 5 besar Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2019.

Untuk itulah, tim juri melakukan tinjau lapang di wilayah Kecamatan Genteng, Rabu (04/12/2019) dengan melibatkan akademisi, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Birko Hukum, Peneliti Senior Jawa Pos Institusi, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur. Tinjau lapangan ini merupakan penilaian tahap III yang dilakukan tim juri.

Dikatakan Camat Genteng, Firman Sanyoto, untuk bisa masuk di 5 besar, dirinya harus melewati 2 tahap penilaian sebelumnya. Tahap pertama, pengajuan administrasi dengan menyertakan berbagai kelengkapannya.

Setelah dinyatakan lolos, kata dia, maka berlanjut ke tahap dua, yakni pemaparan mengenai berbagai kebijakan dan inovasi yang telah dilakukan. Di tahap ini, akan disaring 10 besar, kemudian mengkerucut lagi menjadi 5 besar kecamatan terbaik se-Jatim.


Baru berikutnya, imbuh Firman, tim juri akan melakukan penilaian tahap III yakni tinjau lapang. Hal ini untuk memastikan apakah berbagai inovasi yang di paparkan sesuai dengan yang ditemukan di lapangan.

"Alhamdulillah, meski persaingannya cukup ketat, kami berhasil melewati tahap I dan II. Dan saat ini, tim juri hadir untuk melakukan tinjau lapang di wilayah kami. Semoga hasilnya bisa maksimal sehingga Kecamatan Genteng berhasil menjadi yang terbaik di Jatim, mewakili Banyuwangi," ujarnya kepada wartawan.

Firman lantas membeberkan sejumlah inovasi yang menjadi unggulan di wilayah Genteng. Diantaranya, Siap Cantik (aplikasi posyandu elektronik) yang berisi semua informasi tentang posyandu di desa tersebut. Mulai dari jadwal layanan posyandu, Kartu Menuju Sehat (KMS), informasi tumbuh kembang balita, hingga riwayat imunisasi.

Berikutnya, Simas Mandiri Plus yang memberikan kemudahan bagi warga dalam mengurus surat administrasi kependudukannya. Serta Go Ndower, layanan pengantaran dokumen ke rumah warga secara gratis.

Salah satu juri, Prof Suryanto, mengatakan lomba ini digelar untuk mengoptimalkan peran dan fungsi kecamatan dalam tatanan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang semakin dinamis.

"Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mengukur kinerja seorang camat. Serta menstimulasi munculnya kreativitas dan inovasi baru dari seorang camat dalam menjalankan tugasnya," papar Suryanto.

Terkait kunjungannya ke Kecamatan Genteng kali ini, Suryanto bersama tim ingin menilai serta melihat langsung kondisi factual hasil kinerja camat setempat di bidang Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian, tugas administrasi serta denigatif dan inovasi ditahun 2018.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkab Banyuwangi, Mujiono yang hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik kedatangan tim dan mengaku bangga dengan prestasi Kecamatan Genteng.

"Selamat datang kepada tim juri. Dan selamat kepada kecamatan Genteng telah masuk 5 besar dalam lomba ini. Semoga apa yang telah dilakukan Kecamatan Genteng bisa menjadi inspirasi bagi kecamatan lain untuk meningkatkan pelayanannya kepada publik," kata Mujiono.

"Semoga berbagai program kegiatan yang sudah dilakukan dengan menggunakan APBD, APBN dan ADD ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Mujiono.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com