detikNews
2019/12/03 17:51:30 WIB

18 Hacker Pembobol Kartu Kredit WNA Diamankan di Surabaya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Halaman 1 dari 2
18 Hacker Pembobol Kartu Kredit WNA Diamankan di Surabaya Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan (kiri). (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - Polisi menggerebek sebuah toko di Balongsari Tama, Tandes, Surabaya. Di dalam toko tersebut ada 18 hacker pembobol kartu kredit yang mengantongi keuntungan USD 40 ribu atau sekitar Rp 500 juta.

"Kami melakukan penindakan terhadap jaringan tindak pidana menggunakan ITE atau skimming menggunakan kartu kredit untuk melakukan penipuan," kata Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (3/12/2019).


Gidion menambahkan, pembobolan kartu kredit itu telah berlangsung dalam tiga tahun terakhir. Saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan kepada 18 pelaku.

"TKP Balongsari Tama, Tandes, Surabaya. Sementara karena belum 1x24 jam, ini baru kita lakukan pendalaman. Kegiatan ini terorganisasi dan sudah berjalan tiga tahun. Karena memang basisnya menggunakan ITE, jadi jangkauannya banyak, ada hacker. Tersangka 18 orang kami amankan," imbuhnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com