detikNews
2019/12/02 19:34:34 WIB

Polisi Trenggalek Dukung Pembangunan dengan Utamakan Langkah Preventif

Adhar Muttaqin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Trenggalek Dukung Pembangunan dengan Utamakan Langkah Preventif Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Polisi Trenggalek mengedepankan sikap preventif dalam mendukung program prioritas pembangunan yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo. Ketika ada potensi tindak pidana, polisi akan lebih dulu mengingatkan.

Usai menghadiri konsolidasi tiga pilar di Pendapa Manggala Praja Nugraha, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, terdapat tiga poin yang yang menjadi acuan kepolisian dalam mengawal pembangunan di tingkat daerah atau kabupaten. Di antaranya memastikan proses pembangunan berjalan dengan baik dan sesuai jalurnya hingga ke tingkat bawah.

"Kebijakan dari presiden harus in line sampai paling bawah. Tadi ada penekanan-penekanan, tidak ada lagi yang bermain-main dengan kebijakan tersebut. Polres trenggalek sangat mendukung kebijakan lima program prioritas presiden," kata Calvijn, Senin (2/12/2019).


Sedangkan poin kedua, kepolisian akan mengedepankan sikap preventif atau pencegahan apabila dalam pelaksanaannya program pembangunan yang dijalankan di daerah berpotensi terjadi penyelewengan atau tindak pidana. Polisi akan terlebih dahulu mengingatkan kepada pelaksana program agar dilakukan sesuai prosedur dan aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Apabila itu membahayakan, berpotensi terjadinya pidana dan pelanggaran, kami akan mengingatkan di awal. Dan tidak cukup sekali. Dua kali sampai tiga kali, biar jelas," imbuhnya.


Tonton juga Alasan Jokowi Tunjuk Terawan Jadi Menkes: Orientasinya Preventif :


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com