Data Tak Sinkron, 800 CPNS Kota Blitar Gugur di Seleksi Administrasi

Erliana Riady - detikNews
Senin, 02 Des 2019 09:52 WIB
Kepala BKD Pemkot Blitar Suyoto/Foto: Erliana Riady
Kepala BKD Pemkot Blitar Suyoto/Foto: Erliana Riady
Blitar - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Blitar telah menutup penerimaan CPNS pada 26 Nopember lalu. Dari 6.049 dokumen CPNS yang masuk, 800 di antaranya dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi.

Sebelumnya, semua dokumen yang masuk telah melalui tahap verifikasi. Sebanyak 21 tenaga disiapkan untuk verifikasi semua dokumen yang dikirimkan pelamar CPNS.

Kepala BKD Pemkot Blitar Suyoto menyampaikan, sampai saat ini sebanyak 4.624 dokumen telah diverifikasi. Atau sekitar 74 persen dari jumlah total dokumen yang masuk. Sementara sebanyak 1.425 atau 26 persen masih dalam proses verifikasi.

"Dari angka itu sekitar 800 dokumen tidak lolos seleksi administrasi. Ini karena pelamar tidak sinkron memasukkan data akreditasi kampusnya," kata Suyoto dikonfirmasi detikcom, Senin (2/12/2019).


Suyoto menjelaskan, ratusan pelamar itu tidak mencocokkan tanggal kelulusan di ijazah. Mereka juga tidak sinkron memasukkan daftar akreditasi perguruan tingginya. Sehingga yang diunggah tidak sinkron antara tanggal kelulusan dengan akreditasi di ijazahnya.

Selain soal akreditasi perguruan tinggi, lanjutnya, prodi yang tidak linear serta kesalahan bukti dokumen persyaratan lain membuat tidak lolos seleksi administrasi. Proses verifikasi ini akan dilaksanakan sampai tanggal 12 Desember 2019 mendatang.

Setelah verifikasi rampung, tahapan selanjutnya akan dilakukan validasi untuk memastikan tidak ada kesalahan dokumen dan persyaratan dari para pelamar.
Selanjutnya
Halaman
1 2