Risma Siapkan Tiga Akses Menuju GBT dan Buat 3 Lapangan Latihan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 10:29 WIB
Risma di GBT (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Risma di GBT (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Akses ke Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya akan semakin mudah. Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan tiga akses menuju venue yang digadang akan menjadi salah satu tempat penyelenggaran Piala Dunia U-20 2021.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharisi mengatakan pihaknya dibantu swasta menyiapkan akses baru. Sebelumnya, hanya ada dua akses menuju GBT, yakni melalui Benowo dan Romokalisari.

Risma mengatakan nantinya ada fly over yang mempermudah akses ke GBT. Fly over ini ditargetkan rampung pada Februari 2020.

"Alhamdulillah kita masih banyak aset tanah di sini. Insya Allah ada jalan di sana tembus TPA dan kita akan bangun jalan di timur di sini dan akan tembus ke Jalan Lingkar Luar Barat. Ada fly over yang dibangun Pelindo, Itu sudah mereka janjikan Februari 2020 jadi," ungkap Risma dalam sambutannya di acara menanam pohon bersama di GBT Surabaya, Sabtu (30/11/2019).

Untuk Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB), Risma berharap akan selesai saat pertandingan. Diketahui, JLLB mempunyai panjang 18 kilometer yang menghubungkan Lakarsantri hingga Romo Kalisari.


"Sebetulnya kita juga akan membuka akses untuk Jalan Lingkar Luar Barat, jadi kita berharap selesai pada saat pertandingan kita semua sudah clear. Jadi ini Bu Erna mungkin tahun depan kita sudah mengerjakan dua jadi JLLB dan akses JLLB dari stadion," ungkap Risma.

"Jadi nanti pintunya, jalannya bukan yang di situ Pak, meskipun ini sudah kita lebarkan tapi kita punya akses nanti ya ada tiga aksesnya, dari GBT ini ada tiga akses. Jadi itu sekali lagi memang ini uber-uberan, terus terang saya juga nggak ngira Surabaya bisa dijadikan apa namanya venue untuk U-20," imbuhnya.

Selain menyiapkan akses yang lebih mudah ke GBT, Risma juga akan membangun tiga lapangan latihan. Lapangan ini disiapkan untuk memenuhi standar FIFA, jika nanti GBT didapuk menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.


"Kita akan bangun lapangan bola di timur GBT ini tiga lapangan bola berdampingan di utara, kita punya lahan di situ di utara GBT," tambah Risma.

Nantinya, lapangan latihan ini juga bisa disewakan. "Nanti menurut Bu Ratu Tisha Sekjen PSSI itu menyampaikan itu bisa disewakan, karena saat ini seperti di Eropa itu saat musim dingin mereka tidak bisa berlatih. maka mereka akan berlatih ke kawasan-kawasan yang tropis. Karena itu kita siapkan sekalian kita bangun 3 nanti yang berdampingan karena mintanya memang 3 berdampingan," pungkas Risma.

Simak Video "Dear, Evan Dimas! Bu Risma Tawari Bonus Kalau Timnas Menang"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)