Risma Jadikan GBT Berstandar FIFA Agar Dilirik Jadi Venue Piala Dunia U-20

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 10:07 WIB
Risma saat tinjau GBT (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Risma saat tinjau GBT (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini serius dalam menyiapkan Gelora Bung Tomo (GBT) agar layak menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021. Usai menanam 1.000 bunga tabebuya, Risma berkeliling meninjau GBT.

Saat berkeliling, Risma juga sempat bercengkrama dengan beberapa OPD dan Forkopimda Surabaya. Risma mengatakan ada beberapa spot yang akan dibenahi.

"Jadi nanti ini kita tutup, pemain ndak bisa lewat sini, dia langsung lewat belakang jadi ndak ketemu penonton. Ini nanti lewatnya pemain di sini, dia masuk di situ terus langsung masuk ke lapangan," papar Risma sembari meninjau beberapa spot di GBT, Sabtu (30/11/2019).

Saat ditanya apa saja yang akan dibenahi, Risma mengatakan pihaknya berupaya menyiapkan GBT sesuai dengan standar FIFA. Misalnya terkait jalur pemain yang harus dibedakan dengan jalur penonton.


"Ini kan sesuai standarnya FIFA yang kita penuhi. Jadi misalkan jalur pemain ndak boleh jadi satu dengan jalur penonton dan sebagainya. Jadi kita buat jalur baru," kata Risma.

Selain itu, Risma menyebut ada juga perbaikan rumput di GBT. Rumput yang digunakan yakni rumput yang sesuai dengan standar FIFA. Tak hanya itu, Risma mengungkapkan di GBT juga akan ditambah fasilitas lift barang.

"Kemudian ada nanti perbaikan rumput, lampu, ada lift barang dan sebagainya. Itu yang nanti kita siapkan," tambahnya.


Di kesempatan yang sama, Presiden Klub Persebaya Azrul Ananda menyambut baik upaya Pemkot Surabaya dalam membenahi GBT. Azrul mengatakan tak hanya Persebaya dan bonek, seluruh masyarakat siap menyambut event Piala Dunia U-20 di Surabaya.

"Jadi penyelenggaraan event-event seperti Piala Dunia nanti dari swasta sudah mengupayakan, tapi kalau masyarakat yang ingin seperti ini pasti cukup bagus. Apalagi Surabaya ini kan kota kelas dunia, jadi semakin mantap menuju ke sana. Jadi kalau seluruh infrastrukturnya baik, maka buat semua orang akan baik. Jadi ini bukan hanya untuk Persebaya tapi untuk seluruh kota Surabaya," pungkasnya.

Simak Video "Suporter Masih Sering Rusuh, Piala Dunia Apa Kabar?"

[Gambas:Video 20detik]

(hil/iwd)