Kenalkan Produk UKM, Pemkot Surabaya Kembali Gelar Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 19:53 WIB
Foto: Deny Prastyo Utomo
Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Pemkot Surabaya kembali menggelar acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan di sepanjang Jalan Tunjungan. Acara yang digelar setiap tahun ini ada yang berbeda lho?

Acara yang digelar pada Minggu (1/12/2019) ini dimulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Namun, ada yang spesial dalam event kali ini yakni adanya Awarding Pahlawan Ekonomi (PE) dan Pejuang Muda (PM) Surabaya 2019.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan ada sesuatu yang menarik pada acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan kali ini. Yakni pemberian penghargaan kepada anggota PE dan PM atas kinerja mereka selama satu tahun.

"Selama satu tahun itu yang akan diawardingkan dalam acara PE dan PM," kata Wiwiek saat menggelar jumpa pers di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Jum'at (29/11/2019).

Wiwiek menjelaskan, selama perjalanannya, banyak hal yang sudah dicapai dari para anggota PE dan PM. Bahkan untuk mendukung program tersebut, saat ini sudah ada 10 gerai yang diisi produk-produk dari anggota PE itu. Pihaknya mencatat, sejak bulan Januari hingga 29 November 2019, nilai transaksi yang mereka hasilkan sudah sekitar Rp 6 miliar.


"Itu adalah hasil uang dari produk-produk UKM (Usaha Kecil Menengah) yang di-display di beberapa gerai dan sebagainya," kata Wiwiek.

Selain itu, dalam ajang ini akan ada fashion show dari puluhan desainer yang akan menggunakan produk UKM binaaan Pemkot.

"Momen ini akan mengawinkan beberapa produk UKM di fashion, asesoris dengan desainer asal Surabaya. Ini adalah langkah maju, di sini UKM akan diberikan kemampuan untuk melihat pasar yang harus dibidik," ujar Wiwiek.

Sementara itu, Humas Pahlawan Ekonomi, Agus Wahyudi menjelaskan dalam Mlaku -Mlaku Tunjungan ada 275 pelaku usaha kreatif yang bakal memeriahkan acara ini. Mereka berasal dari 31 kecamatan di Surabaya.

Dari ke-275 pelaku usaha itu, 110 produk non food dan 165 produk food. Menurutnya, pelaku usaha kreatif yang terpilih ikut event ini telah melalui proses seleksi ketat.

"Tahun ini, Awarding Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda Surabaya dipilih sembilan pemenang dari tiga cluster, yakni Creative Industry, Home Industry, dan Culinary Business," kata Yudi.


Disamping itu, pada awarding kali ini juga diberikan penghargaan kepada tiga pemenang Best of The Best yang bakal mendapatkan hadiah Voucer Ads dari Facebook Indonesia. Masing-masing pemenang akan menerima USD 1.000. Facebook juga akan memberikan hadiah kepada UKM dan masyarakat umum.

Pertama, kriteria pelaku usaha yang masuk kategori High Impact. Jumlah yang dipilih tiga orang pemenang. Masing-masing akan mendapat Voucer Ads sebesar USD 300. Kedua, pelaku usaha yang masuk kategori Creative Content. Dipilih tiga orang pemenang. Masing-masing mendapat Voucer Ads sebesar UDS 300. Ketiga, hadiah untuk masyarakat umum yang masuk kriteria Movement/Making IG Stories. Hadiah diberikan kepada 22 orang. Masing-masing mendapat USD 100.

Yudi menambahkan, Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan kali juga dimeriahkan kehadiran Dennis Adhiswara, aktor papan atas Indonesia yang sukses lewat film Ada Apa Dengan Cinta (AADC). Ada pula fashion show yang menghadirkan 10 model dan 28 pelaku usaha fashion Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda.

"Selain itu, masih ada lagi 90 group Lomba Gerak dan Lagu, Lomba Musik Patrol, Zumba Competition, dan Lomba Membuat IG Stories," tandas Yudi.

Simak Video "BEKRAF Bantu Biayai UKM Mikro Daftarkan Hak Cipta"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)