Dibanding Tahun Kemarin, Omzet UKM di Surabaya Meningkat di Tahun 2019

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 19:07 WIB
Risma saat seminar tentang UKM (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Omzet sentra UKM di Surabaya mengalami peningkatan di tahun 2019. Tercatat mulai Januari-November mencapai Rp 6 miliar, sedangkan tahun 2018 mencapai Rp 4 miliar.

"Tahun ini ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Selain di gerai juga ditunjang waktu ada event pameran," ujar Kepala Dinas Perdagangan Surabaya Wiwiek Widayati kepada wartawan, Jumat (29/11/2019).

Wiwiek mengatakan kenaikan omzet UKM tersebut salah satunya ditunjang fasilitas di beberapa titik strategis. Ada sekitar gerai yang difasilitasi oleh Pemkot Surabaya untuk sentra UKM mulai dari di Bandara Juanda, Siola (Mal Pelayanan Publik), MERR, Pelabuhan, dan lainnya.


Selain itu, dari sepuluh gerai yang di fasilitasi oleh Pemkot Surabaya, saat ini ada sekitar 450 UKM yang tergabung di gerai sentra UKM. Sebelumnya ratusan UKM terpilih dari 10.500 UKM yang diseleksi dan dikurasi. Mereka juga sebelumnya mendapatkan pelatihan dari Pemkot Surabaya melalui Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda.

"Hari ini ada sekitar 450 UKM, siapa yang bisa masuk kesana itu memang yang dikurasi dari PE (Pahlawan Ekonomi) dan PM (Pejuang Muda), jadi tidak semua produk bisa langsung masuk. Karena memang kita butuh kualitas yang sangat bagus, bagaimana rasa dan kemasannya. Karena di gerai-gerai ini adalah jujukan para wisatawan untuk mencari oleh-oleh," lanjut Wiwiek.


Wiwiek, menambahkan dalam ajang Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan pada Minggu (29/11), Diharapkan omzet UKM akan bertambah. Sebab nantinya akan diikuti 7 ribu UKM.

"Harapan kami akan meningkat 20 persen nantinya," tandas Wiwik. (fat/iwd)