Round-Up

Heboh Telur Berlafaz Allah di Blitar

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 07:47 WIB
Risa menunjukkan telur yang diyakininya berlafaz Allah (Foto: Erliana Riady/File)
Risa menunjukkan telur yang diyakininya berlafaz Allah (Foto: Erliana Riady/File)
Blitar - Sebuah telur ayam tak biasa ditemukan Risa Damayanti. Peternak ayam petelur asal Blitar itu meyakini cangkang pada telur ayam yang ditemukannya tergurat huruf hijaiyah yang membentuk lafaz Allah

"Kebetulan hari itu saya dapat pesanan seblak untuk Jumat berbagi. Saya biasa memakai telur cangkang putih untuk konsumsi sendiri karena itu grade B. Ada satu egg tray yang saya siapkan. Lha pas mengambil telur yang satu itu, kok seperti ada huruf hijaiyahnya," tutur Risa kepada detikcom, Rabu (27/11/2019).

Risa mengatakan telur itu ditemukannya pada Jumat (22/11) sekitar pukul 10.00 WIB. Rumah Risa sendiri jadi satu areal dengan kandang ayamnya di Desa Ponggok RT 3 RW 2 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Awalnya Risa masih ragu-ragu dengan lafaz Allah pada telur tersebut. Dia memfoto lalu mengirimkan foto itu ke kerabat dan teman-temannya sekaligus menanyakan apakah yang dilihatnya itu benar.


Ternyata, orang-orang yang dikirimi foto membenarkan jika tekstur di permukaan telur itu memang terlihat seperti huruf hijaiyah berlafaz Allah.

"Ada juga penasaran ingin melihat sendiri terus datang ke sini. Setelah dilihat, dia juga bilang ini merupakan berkah dan karomah untuk keluarga saya. Saya diminta menyimpannya baik-baik," imbuh ibu tiga anak ini.

Apa yang disampaikan kerabat dan temannya itu diyakininya terbukti. Berkah dan karomah tersebut mewujud lewat peningkatan kapasitas produksi ayam petelurnya yang berjumlah 6.000 ayam layer.

Jika sebelumnya, banyak ayam layernya tidak produktif, namun sejak ditemukan telur yang diyakininya berlafaz Allah itu, kapasitas produksi di kandangnya semakin meningkat.

Foto: Erliana Riady/File


"Alhamdulillah, ini panen telurnya makin meningkat sejak ditemukan telur itu. Kalau sebelumnya hanya 170 kg per hari, ini meningkat jadi 180 sampai hampir 2 kuital telur per hari," jelasnya.

Risa paham jika kabar ini ditulis media akan menjadi viral. Untuk itu, dia berusaha menyimpan sebaik mungkin telur yang dianggapnya istimewa itu di dalam kulkas.

Bahkan, dia sedang mencari referensi formula untuk mengawetkan telur itu agar bertahan lama. Sehingga ketika ada yang ingin membuktikan lafaz Allah di permukaan cangkang telur, dia masih menyimpannya. (iwd/fat)