Berniat Usir Tawon, Warga Pacitan Ini Justru Membakar Dapurnya Sendiri

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 17:37 WIB
Kondisi dapur Siti Kotijah yang terbakar (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Kondisi dapur Siti Kotijah yang terbakar (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan - Gara-gara mengusir tawon, seorang warga Pacitan justru kehilangan seisi dapur. Ini terjadi setelah Siti Kotijah (55) membakar sampah serta tumpukan kayu tempat kawanan lebah tinggal. Celakanya, kobaran api justru mengenai bangunan di atasnya.

Informasi dihimpun detikcom kejadian itu menimpa warga RT 1 RW 1 Desa Nanggungan, Pacitan tersebut sekitar pukul 13.30 WIB, Rabu (27/11/2019). Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun sebagian isi dapur dan bagian bangunan hangus terbakar. Kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

"Saya pernah bersih-bersih sampah di situ dan disengat lebah. Jadinya tiap ketemu lebah saya takut," ucap Siti Kotijah sambil menunjuk lokasi sarang lebah saat ditemui detikcom.


Rasa trauma itu membuatnya nekat mengusir kawanan binatang penghasil madu yang menghuni tumpukan kayu. Hanya saja, cara yang ditempuh tergolong berisiko. Tanpa berpikir panjang, istri dari Rokim (65) itu mengumpulkan dedaunan kering lantas membakarnya tak jauh dari sarang tawon.

"Saya jadi menyesal kenapa harus mengusir (tawon) dengan cara membakar. Untung saja (api) bisa cepat dipadamkan. Kalau ndak, kan saya yang disalahkan," katanya sembari sesenggukan. Dia juga mengaku sempat dimarahi suaminya karena tindakannya itu.


Sadar api terus membesar, Siti menangis histeris. Dia juga memanggil-manggil tetangga sekitar. Mereka lantas berdatangan memberikan bantuan. Meski hanya mengandalkan catu air seadanya, si jago merah berhasil dikendalikan. Tak berselang lama mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

"Ada dua unit pemadam dan satu water supply yang kami terjunkan ke lokasi. Alhamdulillah tidak sampai 15 menit api berhasil kita jinakkan," terang Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Pacitan, Suyanto. (fat/iwd)