Viral, Polisi Antar Gelandangan Pulang ke Keluarganya di Klaten

Erliana Riady - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 08:42 WIB
Foto: Tangkapan layar FB
Blitar - Seorang polisi di Blitar mengantar gelandangan ke keluarganya di Klaten, Jawa Tengah. Aksi sosial itu dilakukan sebagai wujud syukur karena Tuhan tidak menempatkan dia dalam posisi seperti gelandangan itu saat di dunia.

Perbuatan baik sang polisi sempat diabadikan seorang warga, lalu di-posting di akun Yhuana Khecil. Ada enam foto yang dilampirkan dengan caption "Perjuangan seorang aparat negara membantu seorang gelandangan dari ditemukan, dimandikan, sampai diantar ke keluarganya di Klaten. Colek Pak Harianto Polsek Wlingi".

Kapolsek Wlingi Kompol Purdianto membenarkan nama Harianto itu adalah anggotanya. Aiptu Harianto meminta izin kepada Kapolsek saat mengantarkan gelandangan ke Klaten.

"Iya benar, itu anggota saya. Silakan hubungi langsung gimana cerita lengkapnya," jawab Kapolsek saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (25/11/2019).


Sosok Aiptu Harianto terlihat sangar tapi ternyata berhati lembut. Pria berusia 42 tahun itu merupakan warga Jalan Gajah Mada RT 02 RW 04 Lingkungan Majekan, Kelurahan/Kecamatan Wlingi.

"Nama gelandangan itu Mbah Poniman. Beliau sudah lama menggelandang di sekitar Pasar Wlingi. Sering dikasih makan orang-orang, salah satunya pedagang namanya Mbak Tatik," ucap Harianto mengawali cerita kepada detikcom.

Suatu saat, lanjutnya, Mbak Tatik bertanya-tanya kepada Mbah Poniman rumahnya mana. Dijawab Klaten. Lalu ketika Harianto berpatroli keliling, Mbak Tatik menceritakan nasib Mbah Poniman itu kepadanya.

"Itu tanggal 23 November pagi. Saya lalu minta Mbak Tatik memfoto Mbah Poniman dan mem-posting di FB Info Seputaran Klaten (ISK). Ternyata langsung ada yang respons, namanya Novi, bilang kalau kenal keluarga si mbah," tutur Hari Brewok, panggilannya.
Selanjutnya
Halaman
1 2