Ini Kata Surya Paloh soal Usulan Masa Jabatan Presiden 3 Periode

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 23:13 WIB
Surya Paloh (kiri)/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh angkat bicara soal usulan masa jabatan presiden menjadi 3 periode. Ia menunggu respons masyarakat mengenai hal itu.

"Itu suatu wacana, suatu diskursus. Ya ditindaklanjuti aja. Nanti kita lihat apa masyarakat," kata Paloh usai menghadiri Perayaan HUT ke-8 Partai NasDem dan Peluncuran Mobil Siaga di Jatim Expo Jalan A Yani, Surabaya, Sabtu (23/11/2019).

Menurut Paloh, perlu atau tidak usulan itu tergantung pada kebutuhan. Jika memang dibutuhkan, NasDem siap mendukung usulan tersebut.


"Kalau memang kebutuhannya ke arah itu kenapa nggak. Memang suasana, tuntutan pada waktu itu yang terbaik pasti didukung. Kalau terbukti. Ini kan belum," imbuhnya.

Sedangkan menanggapi soal suara yang menolak usulan itu, Paloh menjelaskan bahwa demokrasi merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan. Untuk itu, jika usulan itu mendekati tujuan, ia tidak mempermasalahkannya.

"Ya itulah kita. Yang mau dicapai apa. Yang mau dicapai semakin hari semakin mendekati tujuan-tujuan dan memenuhi cita-cita kemerdekaan kita. Demokrasi bukan tujuan, demokrasi itu hanya alat. Kita yang menentukan mau ke arah mana kita bawa. Sepanjang dia mendekati ke arah tujuan-tujuan yang kita capai," jelasnya.

"Jangan sebaliknya ada alat bukan semakin mendekati yang kita harapkan. Mundur kita ke belakang," tambah Paloh.
Selanjutnya
Halaman
1 2