Ratusan Busana Ditampilkan dalam Mojobatik Festival

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 21:59 WIB
Mojobatik Festival/Foto: Enggran Eko Budianto

Tidak hanya karya pembatik lokal, Mojobatik Festival juga menampilkan busana karya desainer ternama. Desainer Dwiko Iskandar misalnya. Kali ini dia menampilkan busana batik Sisik Gringsing Berudeng dengan desain casual.

"Supaya adik-adik generasi muda menjadi bagian dari budaya Indonesia. Memakai batik tidak terkesan jadul. Kami harapkan lebih banyak generasi muda yang memakai batik," ujarnya.

Bersama Desainer Irma Lumbika, Dwiko telah membina 260 pembatik lokal selama 8 bulan. Dia berharap Mojobatik Festival ini mampu mengangkat karya para perajin lokal ke tingkat nasional.


"Kalau saya sendiri mengusung tema Tribhuwana Tunggadewi yang merupakan sosok Ratu Majapahit pada desain busana saya," terang Irma.

Tidak hanya itu, karya Diana Putri atau Diana Couture, desainer yang sudah merambah kancah internasional juga dipamerkan dalam Mojobatik Festival. Salah satunya busana Garuda yang menjadi karya perdana wanita asli Mojokerto tersebut. Busana berbahan batik ini memenangkan Best Designer Award di New York Fashion Week.

Mojobatik Festival semakin meriah dengan kehadiran Jenita Janet. Penyanyi cantik bertubuh mungil ini juga memakai busana batik saat menghibur warga Kota Onde-onde.

"Aku bangga memakai busana yang ada etnik-etniknya, seperti batik. Memakai batik jiwa kewanitaan kita timbul, wanita menjadi lebih anggun dan cantik," ujar Jenita.
Halaman

(sun/bdh)