Idap 4 Jenis Kanker dan Tumor, Bocah Yatim Piatu Ini Tak Mengeluh Sakit

Idap 4 Jenis Kanker dan Tumor, Bocah Yatim Piatu Ini Tak Mengeluh Sakit

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 09:45 WIB
Bocah Yatim Piatu Asal Banyuwangi Ini Idap Kanker dan Tumor (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Bocah Yatim Piatu Asal Banyuwangi Ini Idap Kanker dan Tumor (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Muhammad Riqi (9), bocah asal Dusun Srampon, Banyuwangi didiagnosis mengidap kanker dan tumor yang menyerang sebagian wajahnya. Meski begitu, bocah yatim piatu itu tidak pernah mengeluhkan atau merasa sakit.

"Kalau keluhan itu ndak ada. Karena sudah bawaan sejak lahir. Jadi dia tidak merasakan sakit atau mengeluh. Nanti kalau ditanya yang sakit yang mana? Dia jawab ndak ada," ungkap Siti Layinah, Kepala Dusun Srampon sekaligus yang mendampingi Riqi saat berobat di RSU dr Soetomo kepada detikcom, Jumat (22/11/2019).

Meski begitu, lanjut Siti, sejak pertama dirujuk ke RSU dr Soetomo, salah satu tumor jinak telah dimatikan. Sebab, meskipun jinak namun hal itu mencegah agar tumor tidak semakin berkembang di bagian pipi Riqi.

"Waktu kemarin pas kita pertama ke sini itu tumornya yang di sini (pipinya bawah) ini sudah dimatikan. Tapi ini tumor jinak nggak ganas. Kemarin bulan ke-9. Ini sudah bolak-balik ke sini," terangnya.


Siti berharap, setelah mendapat penanganan dan perawatan di RSU dr Soetomo kondisi Riqi bisa segera ditemukan solusinya dan bisa segera pulih. Sebab menurut dokter yang menangani, penyakit yang diidap Riqi ini termasuk kompleks dan langka.

"Harapannya ya yang terbaik, cepat ditemukan solusinya, dokternya ini tadi juga ngomong karena ini bawaan lahir selama Riqinya nggak pernah kejang, selama Riqinya nggak pernah mengeluh sakit insya Allah ndak bahaya sama anaknya," harapnya.

"Ya mudah-mudahan lah meski begitu namanya rumah sakit juga sudah berusaha dan rumah sakit sudah melakukan yang terbaik. Jadi moga cepat tertangani," tandas Siti. (fat/fat)