Inovasi SIM dan SKCK Polres Jombang Diganjar Penghargaan MenPAN-RB

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 16:56 WIB
Foto: dok. Istimewa
Foto: dok. Istimewa
Jombang - Pelayanan publik Polres Jombang meraih penghargaan dari Kementerian PAN-RB. Prestasi ini tak lepas dari inovasi di bidang pelayanan SIM dan SKCK.

Polres Jombang mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara pelayanan publik kategori 'Baik' tahun 2019. Piagam penghargaan diserahkan langsung Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo kepada Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Utara, Rabu (20/11).

Dia mengatakan penghargaan pelayanan publik ini tak lepas dari sejumlah inovasi yang berjalan di Polres Jombang selama setahun terakhir. Salah satunya SIM Drive Thru dan sistem first in first out yang diterapkan di kantor Satlantas Polres Jombang.

SIM Drive Thru membuat warga Kota Santri hanya butuh waktu 5-7 menit untuk memperpanjang SIM. Tidak hanya itu, dengan sistem ini, pemohon perpanjangan SIM tak perlu turun dari kendaraannya.

"Kalau sistem first in first out itu kami buat untuk mencegah percaloan dalam pembuatan maupun perpanjangan SIM," kata Kapolres kepada detikcom, Kamis (21/11/2019).


Selain itu, lanjut dia, pihaknya membuat inovasi pada pelayanan pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Satuan Intelkam Polres Jombang. Yaitu berupa SKCK online. Dengan inovasi yang sudah berjalan setahun ini, warga Jombang hanya butuh 15 menit untuk mendapatkan SKCK.

"SKCK online ini orang mendaftar secara online, input data pribadi. Kemudian datang ke tempat pelayanan di Mapolres Jombang untuk mencetak SKCK, 15 menit paling lama," terangnya.

Penghargaan pelayanan publik dari Kementerian PAN-RB ini, tambah Boby, tak akan membuatnya berpuas diri. Pihaknya akan terus membuat inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga Kota Santri.

"Ini menjadi dorongan kuat bagi Polres Jombang untuk terus berinovasi," tandasnya. (fat/fat)