detikNews
Rabu 20 November 2019, 21:42 WIB

Kebakaran Hutan Pinus Ancam Pemukiman Warga Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikNews
Kebakaran Hutan Pinus Ancam Pemukiman Warga Ponorogo Kebakaran hutan pinus yang mengancam permukiman warga (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Kebakaran hutan pinus terjadi di Ponorogo. Tepatnya di Petak 105 KPH Ngebel milik Perhutani. Parahnya, lokasi kebakaran hanya berjarak 17 meter dengan pemukiman warga Desa Wates, Kecamatan Jenangan.

Salah satu warga Sri Sunarsih menjelaskan titik api mulai pukul 16.00 WIB sudah muncul di hutan. Kemudian sekitar pukul 18.00 WIB kebakaran semakin meluas dan mulai mengancam pemukiman warga.

"Kebakarannya di jurang di depan pemukiman warga hanya dibatasi jalan desa," tutur Sri kepada detikcom di lokasi, Rabu (20/11/2019).


Pantauan detikcom, sejumlah masyarakat bersama anggota Damkar tampak berjaga disekitar jalan desa mengantisipasi percikan api agar tidak menjalar ke pemukiman warga.

"Ini lokasi kebakarannya di lereng atau jurang yang curam, kami tidak mungkin memadamkan di lokasi tersebut," kata Danru Damkar Budi Triyono.


Budi menambahkan lokasi yang curam tidak memungkinkan untuk dilakukan pemadaman. Sebab, bisa membahayakan keselamatan anggotanya.

"Kami masih terus memantau, supaya api tidak menjalar ke pemukiman. Kami siap memadamkan kalau lokasi kebakaran sudah dekat dengan pemukiman," pungkas Budi.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com