detikNews
Selasa 19 November 2019, 18:49 WIB

Inovasi SIMBHA Bikin Semringah Warga Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Inovasi SIMBHA Bikin Semringah Warga Tuban Pemohon SIM berlatih sebelum menjalani ujian praktik (Foto: Ainur Rofiq)
Tuban - Warga Tuban semringah dengan adanya SIM Bhabinkamtibmas (SIMBHA). Inovasi ini kini menjadi program andalan Polres Tuban karena dapat membantu masyarakat untuk berlatih dan mendapat bimbingan agar tidak gagal dalam mengikuti ujian saat pengurusan SIM.

Tak sedikit para pemohon SIM mengikuti bimbingan dan latihan SIMBA di polsek-polsek untuk pemohon SIM C. Dengan dibimbing para bhabinkamtibmas yang sudah ditunjuk di masing masing polsek, warga sangat bersemangat untuk mengikuti pelatihan.

Titik Hernawati (27), warga Desa Bogorejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan SIMBHA. Perempuan berkerudung ini mengaku sebelumnya tidak mengerti sama sekali tentang bagaimana tata cara membuat SIM maupun ujian teori dan praktik SIM.


"Memang awalnya juga bingung, tapi akhirnya berhasil mendapatkan SIM C dengan biaya sesuai ketentuan yang berlaku setelah ikut bimbingan bhabinkamtibmas," ujar Titik kepada detikcom, Selasa (19/11/2019).

Selain Titik, ada M Nurcholis (27), pemuda asal Kenduruan, Tuban yang juga telah berhasil mendapatkan SIM setelah ikut program SIMBHA. Nurcholis berhasil melewati ujian tes SIM C berkat pelatihan SIMBHA yang diadakan Polsek Kenduruan. Selama sepekan lamanya berlatih, Nurcholis akhirnya bisa lulus ujian SIM C dengan satu kali tes.

"Saya sebelumnya tidak mengerti sama sekali tentang bagaimana tata cara membuat SIM maupun ujian teori dan praktik SIM namun setelah melakukan latihan yang program SIMBHA akhirnya berhasil mendapatkan SIM C," kata Nurcholis.


Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono mengatakan bahwa Program SIMBHA memang sengaja dibuat untuk memudahkan masyarakat yang ingin memiliki SIM namun terkendala karena kurangnya pengetahuan tentang lalu lintas.

"Sengaja kami buat inovasi SIMBHA ini agar masyarakat terbantu, apalagi SIM itu penting untuk pengendara motor. Harapan kita semua bisa jadi pelopor keselamatan berlalu lintas," kata Nanang.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com