Kebakaran di Gunung Lawu Lalap 15 Hektare Lahan, Ratusan Pinus Mati

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 16:05 WIB
Kebakaran Gunung Lawu/Foto: Istimewa
Kebakaran Gunung Lawu/Foto: Istimewa

Asep menambahkan, Perhutani bersama relawan masih melakukan penyisiran di titik kebakaran. Saat ini masih ada titik kepulan asap berada di lingkaran jurang sehingga sulit terjangkau.

"Kalau api sudah tidak ada tinggal asap. Tapi tetap waspada untuk penyisiran karena masih ada ancaman ketika ada tiupan angin, kepulan asap putih itu ada di sekitar palung atau jurang sehingga kesulitan memadamkan, mudah-mudahan tidak ada angin," lanjutnya.


Perhutani juga belum membuka jalur pendakian via Cemoro Sewu. Pembukaan akan dilakukan setelah kebakaran 100 persen padam.

"Kita lihat dua tiga hari lagi, nunggu bara asap hilang total, baru dibuka pendakian. Asap tinggal satu titik di jurang petak 51 RPH Bedagung," pungkasnya.

Kebakaran di Gunung Lawu melalap hutan pinus serta hutan lindung sejak Jumat (15/11) dan diberitakan padam pada Senin (18/11). Ribuan tempurung penampung getah pinus rusak akibat kebakaran yang terjadi. Hutan yang terbakar berada di tiga desa di Kecamatan Panekan. Yakni Desa Sukowidi, Bedagung dan Ngiliran.
Halaman

(sun/bdh)