Tabebuya Bermekaran di Mana-mana, Surabaya Merona

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 19:57 WIB
Bunga tabebuya yang tengah bermekaran/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Kota Surabaya merona di Bulan November. Bunga tabebuya yang ditanam di jalan-jalan kota tengah bermekaran.

Kabid RTH dan PJU DKRTH Kota Surabaya Henri Setianto membenarkan jika bunga tabebuya tengah bermekaran di jalan-jalan di Kota Pahlawan. Pemkot Surabaya menanam bunga-bunga itu sejak 10 tahun lalu.

"Sudah kita tanam sejak sepuluh tahun yang lalu. Kemudian setiap tahun kita tambah hingga saat ini berjumlah sekitar enam ribu hingga tujuh ribu yang kita tanam," kata Henri kepada wartawan di Jalan Gubeng, Senin (18/11/2019).


Menurut Henri ada tiga tabebuya yang ditanam. Yakni berwarna putih, merah muda dan kuning. Tiga jenis tabebuya itu tidak berbunga secara berbarengan. Bulan ini hanya ada dua warna yang berbunga.

Dua warga tengah selfie dengan background bunga tabebuya/Dua warga tengah selfie dengan background bunga tabebuya/ Foto: Deny Prastyo Utomo

"Normalnya tabebuya warna pink itu berbunga pada bulan Oktober dan November. Tahun-tahun ini agak mundur (berbunga) karena cuacanya kurang bersahabat. Tahun kemarin sudah mekar semuanya," imbuh Henri.

Henri menjelaskan, saat ini pohon tabebuya sudah tertanam di seluruh jalan protokol Kota Surabaya. "Awal-awal memang di jalan protokol. Namun kini sudah ada hampir di semua jalan di Kota Surabaya," ujar Henri.
Selanjutnya
Halaman
1 2