detikNews
Senin 18 November 2019, 16:45 WIB

Kuota Subsidi Solar di Jatim Habis, Pemerintah Jamin Pasokan Aman

Hilda Meilisa - detikNews
Kuota Subsidi Solar di Jatim Habis, Pemerintah Jamin Pasokan Aman Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar untuk Jawa Timur sudah habis atau over kuota. Namun, Pemprov Jatim menjamin akan tetap memberikan pelayanan.

Bahkan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim, Setiajit mengungkapkan jika kuota ini telah habis sejak Oktober.

"Pada akhir bulan Oktober kuota untuk bahan bakar premium maupun solar subsidi telah melebihi kuota yang ada. Namun demikian BPH Migas dengan Pertamina sepakat melayani sesuai kebutuhan masyarakat," kata Setiajit di Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Senin (18/11/2019).

Setiajit memaparkan alokasi total solar tahun 2019 sebanyak 2.092.000 kilo liter. Datanya sampai Oktober saja, solar yang sudah disalurkan sudah sebanyak 1.917.800 kilo liter. Jumlah Ini disebut sudah over kuota dari alokasi yang seharusnya disalurkan sampai bulan Oktober sebanyak 1.742.400 kilo liter.


"Saat ini sudah over (kuota), lebih 2.092.000 Kl," imbuhnya.

Kendati demikian, Setiajit meminta masyarakat untuk tetap tenang. Dia menjamin pasokan solar dan premium di Jatim aman. Terlebih mendekati Natal dan Tahun Baru ini, Setiajit menyebut pihaknya masih akan melayani masyarakat.

Di kesempatan yang sama, GM Pertamina MOR V, Werry Prayogi juga menjamin suplai solar untuk Jawa Timur aman. Dia mengatakan pihaknya akan mengusahakan pasokan tetap stabil, terlebih menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Kesediaan BBM di Nataru Insya Allah aman, untuk Solar perbulannya kita usahakan stabil 215-216 ribu kilo liter untuk Jawa Timur," ucapnya.




Tonton juga video Solar di Bojonegoro Langka, Kendaraan Menumpuk di SPBU:

[Gambas:Video 20detik]




(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com