detikNews
Senin 18 November 2019, 16:39 WIB

Dipakai Bahan Bakar Pabrik Tahu, Dari Mana Sampah Plastik Impor Didapat?

Suparno - detikNews
Dipakai Bahan Bakar Pabrik Tahu, Dari Mana Sampah Plastik Impor Didapat? Sampah plastik yang digunakan sebagai bahan bakar tahu (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Sampah plastik impor masih digunakan pabrik tahu di Desa Tropodo, Sidoarjo untuk bahan bakar pembuatan tahu. Dari mana sampah plastik impor itu didapat?

"Sampah plastik impor itu datang dari luar Sidoarjo," ujar Kepala Dinas DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan kepada detikcom, Senin (18/11/2019).


Sigit tak mengatakan dengan pasti sumber sampah plastik tersebut. Yang pasti, kata Sigit, bahan bakar pabrik tahu itu masuk ke Sidoarjo sudah dalam bentuk sampah plastik.

"Ada oknum yang kemudian memperjualbelikan sampah plastik impor itu," kata Sigit.

Foto: Suparno


Oknum tersebut, kata Sigit, mendatangi para pengusaha tahu secara door to door dan menawarkan sampah plastik impor tersebut. Kebanyakan para pengusaha tahu tertarik karena harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan menggunakan bahan bakar lain. terutama kayu yang digunakan sebelumnya.

"Mereka (pengusaha tahu) memilih sampah plastik itu karena harganya murah, dibandingkan dengan bahan bakar menggunakan kayu," tandas Sigit.



Simak juga video 40 Karung Sampah Plastik Diangkut Laskar Karung di Kali Ciliwung:

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com