Tak Ada Angin dan Hujan, Pohon Sono Tumbang Timpa Rumah

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 15:42 WIB
Pohon tumbang di Jalan Nias (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Tak ada angin dan hujan, pohon sono tumbang timpa rumah di Jalan Nias No 78 Surabaya. Pohon tumbang tersebut juga menimpa teras tempat penjual kopi. Diduga pohon sono tersebut keropos.

Data yang dihimpun detikcom, kejadian itu sekitar pukul 12.49 WIB di RT 3 RW 8, Kelurahan Gubeng. Akibat peristiwa itu kanopi rumah tersebut ambruk. Di bawahnya digunakan berjualan kopi pun terkena dampaknya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) DKRTH Pemkot Surabaya, Rochim Yuliadi saat dikonfirmasi membernarkan hal itu.

"Tumbangnya karena faktor keropos, faktor luarnya karena angin," kata Rochim saat dikonfirmasi detikcom, Senin (17/11/2019).


Rochim menambahkan keroposnya pohon sono tersebut tidak lazim. Sebab menurutnya ada faktor kesengajaan yakni salah satunya ada bekas bakar-bakar di batang pohon tersebut.

"Ada kesengajaan mengeroposkan batang kayu itu. Asumsi awal ada yang membakar dan mengeroposi kayak seperti ditabrakin," lanjut Rochim.

Sebelumnya, dari DKRTH sudah melakukan pengecekan secara berkala sebelum memasuki musim hujan.

"Kita sudah melakukan perawatan berkala, seperti perantingan, namun untuk pohon yang keropos, belum ada laporan," tandas Rochim.

Hingga pukul 13.30 WIB, petugas dari DKRTH, Linmas dan Satpol PP Kota Surabaya masih melakukan pemotongan pohon yang tumbang.




Tonton video 3 Desa di Kudus Diterjang Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)