Rumah Mantan Anggota Dewan Terbakar, 3 Mobil dan 3 Motor Ikut Hangus

Ghazali Dasuqi - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 14:37 WIB
Kebakaran di Situbondo ludeskan rumah, mobil dan motor (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Kebakaran di Situbondo ludeskan rumah, mobil dan motor (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom)
Situbondo - Kebakaran hebat melanda rumah mantan anggota DPRD Situbondo, Senin (18/11/2019). Kobaran api menghanguskan rumah milik H Purwanto alias Pupung (49), di Jalan Anggrek, Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan.

Tak hanya bangunan rumah saja yang terbakar. Semua perabot dalam rumah korban juga gagal diselamatkan. Termasuk 3 unit mobil dan 3 unit sepeda motor milik H Purwanto juga ikut hangus terbakar. Tiga mobil hangus itu masing-masing jenis Toyota Kijang tahun 1995, Daihatsu Feroza tahun 1996, dan Daihatsu Sigra tahun 2018. Sementara sepeda motor yang hangus jenis Honda Vario, Honda Beat, dan motor Happy.

"Tidak ada yang tersisa, ya cuma tinggal pakaian yang saya pakai ini. Uang tunai sekitar Rp 7 juta juga ikut terbakar," kata H Purwanto di rumah kerabatnya kepada detikcom.

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, insiden kebakaran rumah mantan anggota DPRD Situbondo itu terjadi pagi tadi. Saat itu, Purwanto mengaku sedang tidur di kamarnya. Sementara anak dan istrinya sedang beraktivitas di luar rumah. Tiba-tiba muncul kobaran api dari dalam rumah. Melihat itu, mereka langsung membangunkan Purwanto, hingga langsung menyelamatkan diri keluar rumah.

"Tahu ada kebakaran saya langsung lari keluar rumah. Saking paniknya saya sampai jatuh tiga kali. Untung masih bisa selamat," sambung H Purwanto.


Warga yang tahu ada kebakaran berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, api justru cepat membesar karena di dalam banyak bahan mudah terbakar. Di antaranya BBM yang hendak dijual di kios depan rumah.

Selama kebakaran sempat terdengar beberapa kali suara letusan. Diduga, letusan berasal dari tangki mobil dan sepeda motor yang ikut terbakar. Asap hitam pekat juga membumbung tinggi ke udara. Api baru berhasil dijinakkan setelah 3 unit mobil PMK milik Pemkab Situbondo dikerahkan ke lokasi.

"Untuk penyebabnya kami sendiri belum tahu. Itu menjadi kewenangan polisi untuk melakukan penyelidikan," tandas Hadi Siswono, Kepala Unit Pemadam Kebakaran Situbondo.

Sementara polisi juga langsung melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Usai melakukan olah TKP, Unit Polres Situbondo langsung memasang garis polisi di sekitar rumah yang terbakar.

"Hasil olah TKP kami belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Kami masih berkoordinasi dengan tim Labfor Polda Jatim. Cuma saksi kunci tadi mengatakan, kebakaran terjadi saat pemilik rumah memindah BBM jenis pertalite dari jerigen satu ke jerigen lain. Selesai itu dia ke kamar kecil. Setelah keluar itu dilihatnya ada api dan terjadi kebakaran," tandas Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Masykur. (fat/fat)