Sempat Langka, Ketersediaan Solar di Pantura Lamongan Akhirnya Tercukupi

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 13:50 WIB
Ketersediaan solar kembali normal (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Ketersediaan solar kembali normal (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan - Sempat langka di jalur pantura Lamongan, kini ketersediaan solar akhirnya bisa tercukupi. Pasokan solar yang sudah tercukupi ini seperti terpantau di SPBU di sepanjang jalur Surabaya-Lamongan.

Pengakuan ini seperti diungkapkan salah seorang warga Lamongan, Iskandar. Dia mengaku beberapa hari lalu sempat kesulitan mencari solar untuk mengairi sawah. Tapi hari ini ketersediaan soal sudah terpenuhi lagi.

"Hari ini saya ke salah satu SPBU dan solar sudah ada," kata Iskandar kepada detikcom saat ditemui di SPBU Kota Lamongan, Senin (18/11/2019).

Hal yang sama juga diakui sopir truk di Lamongan, Herman. Herman menyebut, hari inid ia merasa tak ada lagi antrean untuk mendapatkan solar. "Sudah lancar mas, akhirnya bisa narik lagi," ujar Herman.


Sementara Unit Manager Communication and CSR MOR V, Rustam Aji menuturkan, Pertamina memastikan ketersediaan solar subsidi baik di terminal BBM maupun di SPBU mencukupi untuk kebutuhan konsumen. Untuk menjaga kehandalan distribusi ke masyarakat, Pertamina juga telah menambah sekitar 20 persen suplai solar.

"Pertamina juga memastikan bahwa stok BBM, yang tersimpan di fasilitas Pertamina dalam kondisi aman," terangnya.

Rustam menegaskan, Pertamina juga menurunkan Tim Satuan Tugas (Satgas) yang melakukan monitor langsung kondisi di lapangan sehingga apabila ada hal yang perlu segera dilakukan bisa langsung ditindaklanjuti.

"Berdasarkan hasil pantauan Tim, sejak Sabtu sore (16/11), antrean di berbagai SPBU termasuk di jalur pantura sudah mulai terurai. Demikian juga kondisi di Hari Minggu (17/11), kondisi di berbagai SPBU sudah kembali normal," ungkapnya.

Dia berharap penyaluran BBM Bersubsidi dapat tepat sasaran. Sebab yang terjadi di lapangan hingga kini BBM Bersubsidi masih banyak dikonsumsi masyarakat yang secara ekonomi tergolong mampu.




Simak juga video Solar di Bojonegoro Langka, Kendaraan Menumpuk di SPBU:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)