Permohonan Ganti Kelamin yang Diajukan Perempuan Surabaya akan Dicabut

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 23:20 WIB
Foto file: Amir Baihaqi
Foto file: Amir Baihaqi

Menurut Martin, pemberitaan di media terkait ganti kelamin juga membuat kliennya tidak nyaman. Bahkan, PN kini tengah mengalami depresi akibat pemberitaan yang berkembang.

"Sebetulnya yang perlu diluruskan, selama inikan yang berkembang di pemberitaan tentang ganti kelamin. Sebetulnya istilah ganti kelamin itu yang membuat PN itu depresi berat," imbuh Martin.

Padahal, tambah Martin, sejak lahir kliennya memang mengalami kelainan secara fisiologis yakni terlahir dengan berkelamin ganda. Meski begitu, dalam perkembangannya secara fisik dan sikap kliennya lebih dominan ke laki-laki.


"PN ini sejak lahir, mengalami kelainan secara fisiologis. Di mana dia terlahir dengan dua kelamin," bener Martin.

"Dalam perkembangannya alat kelamin laki-laki ini yang dominan. Ini publik tidak mengetahuinya. Diikuti dengan sifat dan prilaku yang tidak ada perempuannya. Mulai suara, otot, kekuatan, kegemaran, semuanya dominan laki-laki," imbuhnya.

Martin juga meluruskan, operasi yang dimaksud sebenarnya bukan ganti kelamin dari perempuan menjadi laki-laki. Namun lebih pada konstruksi medis.

"Ini operasinya bukan ganti kelamin, itu yang harus diluruskan. Untuk itu perlu dilakukan kontruksi secara medis," tandas Martin.
Halaman

(fat/fat)