Ada Lima Peristiwa Kebakaran di Surabaya Dalam Sehari

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 18:51 WIB
Foto file: Deny Prastyo Utomo
Foto file: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Dalam sehari, ada lima titik kebakaran di Kota Surabaya. Beberapa di antaranya terjadi akibat dipicu oleh bakar-bakar sampah.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya Dedik Irianto mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Sudah saya sampaikan jangan membakar sampah. Karena itu ada undang-undangnya. Sudah jangan melakukan sampah, anginnya kenceng cuacanya panas kayak begini, sudahlah," kata Dedik kepada detikcom saat dikonfirmasi, Minggu (17/11/2019).

Dedik juga mengimbau kepada warga jika bebergian, meminta untuk mematikan listrik, peralatan elektronik, kompor dan elpiji. Dan pastikan dalam kondisi mati dan aman.


"Peralatan seperti kipas angin, tolong jika tidak digunakan dicabut atau dimatikan. Dipakai secara terus menerus tanpa dimatikan akhirnya konsleting dan sebagainya. Terus kalau masak kompor ditungguin jangan ditinggal," jelas Dedik.

Dedik mencontohkan kejadian kebakaran di kawasan Menanggal, Minggu (17/11) dini hari tadi disebabkan kompor yang ditinggal dalam keadaan menyala.

Dari catatan Dinas Kebakaran Kota Surabaya tercatat ada lima kebakaran. Yakni di kawasan Kebalen, sebuah gudang terbakar akibat konsleting listrik. Setelah itu di kawasan Perumahan Wiguna yakni alang-alang terkabar. Selanjutnya di kawasan Rungkut sebuah toko mengeluarkan asap karena konsleting, beruntung api segera dipadamkan.

Selain itu sebuah gudang penyimpanan peratalan kapal terbakar di Kenjeran dan menjelang sore terjadi di kawasan Jeruk, Lakasantri yakni lahan alang-alang. (fat/fat)