detikNews
Sabtu 16 November 2019, 20:20 WIB

Banyuwangi Gelar Simulasi Sadar Bencana untuk Usia Dini

Ardian Fanani - detikNews
Banyuwangi Gelar Simulasi Sadar Bencana untuk Usia Dini Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Berada di wilayah bencana gempa dan tsunami, Pemkab Banyuwangi memberikan pembekalan kepada anak usia dini simulasi tanggap bencana. Ratusan anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) menggelar kegiatan simulasi 'SD Sadar Bencana' yang dipusatkan di selatan Kota Banyuwangi ini.

Simulasi ini merupakan bagian dari program pengembangan sekolah dasar sadar bencana yang diselenggarakan oleh Universitas Jember (Unej), PT Bumi Suksesindo (BSI) dan Koordinator Wilayah Kerja Satuan Pendidikan (Korwilkersatdik) Pesanggaran, Sabtu (16/11/2019).

Sementara untuk peserta adalah para siswa SDN 4 dan SDN 8 Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.

"Dalam kegiatan ini, para siswa diperkenalkan dengan materi apa itu bencana, bagaimana kita melakukan simulasi, dan ada edu-game," jelas Zetti Finali dari PGSD FKIP Unej kepada wartawan.

Karena sasarannya adalah anak-anak sekolah dasar, panitia telah menyiapkan materi yang sesuai dengan mereka. "Bahasanya disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan bahasa anak-anak," imbuhnya.

Pengembangan SD sadar bencana merupakan sebuah program yang menyasar anak-anak tingkat dasar. Tujuannya agar memiliki kecakapan dalam merespon bencana melalui pengorganisasian dan langkah-langkah yang tepat guna dan berdaya guna.


Tidak hanya para siswa yang menerima pelatihan, kepala sekolah dan para guru selaku pembina di masing-masing sekolah juga dibekali materi kebencanaan.

"Pelatihan untuk para guru telah kami laksanakan dua minggu yang lalu," kata Zetti.

Sementara itu, pihak sekolah menilai program sadar bencana ini sangat tepat dilaksanakan di lembaganya. Menurut (Plt.) Kepala SDN 4 Sumberagung, Suratno, pihaknya berkepentingan untuk menjaga keselamatan dan keamanan warga sekolah dan sekitarnya.

"Sekolah kami berada persis di bibir pantai dan lempeng Asia-Australia," ujar Suratno.

Agar kesadaran pada bencana ini semakin meluas, Suratno mengatakan akan menyampaikan materi ini kepada wali murid.

"Dalam pertemuan wali murid nanti akan kami sampaikan kepada wali murid bagaimana antisipasi gempa saat di rumah," pungkasnya.


Simak juga video "Bapat, Aplikasi Tanggap Bencana Buatan Anak Bangsa" :

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com